Taman di Kabupaten Blora Akan Direhabilitasi, Guna Kejar Adipura Kencana

INFOKU, BLORA - Setelah mendapatkan penghargaan Anugerah Adipura Kota Kecil Terbersih selama dua tahun berturut-turut, Kabupaten Blora membidik Adipura Kencana di beberapa tahun ke depan. 

Hal itu diungkapkan Bupati Blora Arief Rohman usai hadir pada acara Hari Peduli Sampah Nasional di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, Jum’at (8/3).

Menurutnya, perlu banyak sentuhan untuk naik kelas ke Adipura Kencana. Salah satunya, merehabilitasi beberapa taman atau ruang terbuka hijau (RTH).

Bupati Arief mengatakan, upaya-upaya tersebut perlu ada inovasi ciamik untuk merawat lingkungan. Seperti, mendirikan bank sampah di setiap desa atau kelurahan dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca juga : Blora Raih Penghargaan Anugerah Adipura Kota Kecil Terbersih

“Termasuk Pasar juga. Lalu menggandeng Pegadaian untuk memberlakukan sistem sampah jadi emas. Ini bagus untuk memanfaatkan sampah,” jelasnya.

Menurutnya, upaya itu semata-mata untuk menjaga Adipura tahun depan. Sebab, ia akui bakal membidik penghargaan tersebut hingga tiga kali berturut-turut.

“Itu nanti harus tiga kali kalau mau naik ke Adipura Kencana. Targetnya itu. Sudah kami coba kerahkan sampai ke sekolah-sekolah,’’ ucapnya.

Baca juga : Ratusan Petugas Kebersihan di Blora Terima Paket Sembako

Dia juga mengatakan, terkait taman-taman yang ada di dalam kota, juga akan dibenahi.

Hal ini dilakukan karena RTH menjadi indikator lingkungan hidup.

’’Taman-taman di kota, seperti di Bangkle itu bakal dibenahi. Nanti kami coba anggarkan untuk pembenahan itu. Selain itu, juga lapangan golf di kunden diupayakan juga,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DLH Istadi Rusmanto menyampaikan, bahwa penghargaan Anugerah Adipura ini tak lepas dari pengelolaan TPA yang dilakukan dengan sistem sanitary landfill.

Baca juga : Ayo Kerja Cepat, Agar Blora Raih Adipura Lagi

Di mana pengolahan ini merupakan sistem pengolahan sampah menggunakan area tanah yang terbuka dan luas. ’’Caranya adalah dengan membuat lubang. Kemudian sampah dimasukkan ke lubang tersebut, lalu sampah ditimbun dan dipadatkan,” terangnya. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments