Jokowi & Prabowo sama-sama Kirim Sapi Kurban di Blora

 

INFOKU, BLORATahun ini kabupaten Blora mendapat kejutan pada hari Iduladha dari dua tokoh nasional, yakni dari Presiden Jokowi & Capres Gerindra Prabowo Subiyanto.

Foto : IST 

Presiden Joko Widodo mengirimkan seekor sapi untuk kurban ke Dukuh Gumiring, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sapi jenis simmental dengan bobot lebih dari satu ton tersebut dikirim dari Ungaran ke desanya pesepak bola Pratama Arhan, pada Rabu (28/6/2023) pukul 05.00 WIB.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan) Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, Tejo Yuwono mengatakan, sapi presiden Jokowi tersebut dalam kondisi sehat.

Baca juga : Dipastikan Jelang Iduladha 1444 H, RPH Modern Blora Belum Bisa Difungsikan

"Tadi sudah dicek oleh dokter alhamdulillah sehat, mulai dari tampak luar, termasuk lubang-lubang alami, mulut gigi sudah powel semua. Artinya, umurnya sudah 2,5 tahun lebih atau tiga tahun ke atas," ucap Tejo, di Dukuh Gumiring, Desa Sidomulyo, pada Rabu (28/6/2023).

Tejo yang merupakan seorang dokter hewan tersebut menjelaskan sapi yang baru sampai di lokasi, wajib diberikan makan dan minum seperti biasa.

Namun, 8 jam sebelum sapi disembelih, pihak takmir masjid tidak diperkenankan untuk memberi makan kepada hewan tersebut.

"Manajemen takmir saya titip pesan sebelum sapi dipotong minimal 8 sampai 12 jam dipuasakan, dalam arti cuma dikasih minum," terang dia.

Dia mengatakan, sebelum disembelih, sapi perlu dipuasakan untuk mempermudah pembersihan di organ-organ pencernaannya dan bagian dari kesejahteraan hewan.

"Diharapkan dengan seperti itu daging yang dihasilkan akan maksimal, karena bagaimanapun kondisi pemeriksaan ante mortem, itu sudah bagus.

Baca juga : RPH Jadi Kendala Sertifikasi Halal Olahan Daging

Pas sudah dipotong perlakuannya juga pengaruh, jadi jangan sampai hewan itu stres, dijegal dengan kasar dan sebagainya," kata dia.

Rencananya sapi jenis simmental tersebut akan disembelih pada Kamis (29/6/2023) seusai pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha di Masjid Roudhotul Jannah, Dukuh Gumiring, Desa Sidomulyo.

Selain sapi Jokowi, masjid tersebut juga akan menyembelih hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Sapi dari Prabowo

Sementara itu Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyerahkan seekor sapi kurban ke Pondok Pesantren Nurul Hidayah, yang berada di Desa Bacem, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Blora, Djoko Nugroho mengatakan dirinya mendapat mandat dari Prabowo Subianto untuk menyerahkan seekor sapi jenis limousin kepada Subhan Ali atau Gus Ali selaku pimpinan pondok pesantren tersebut.

Baca juga : Tidak Sesuai Target, Kotraktor RPHU Kena Denda

Baca juga :  Setelah 1 Desember 2022,  Kontraktor Proyek RPHU Belum Rampung, Kena Denda +/- Rp 3,4 juta per hari

"Saya datang ke sini bersama Pak Candra dan DPD dapat utusan dari Pak Prabowo untuk menyerahkan sapi kurban ini kepada Gus Ali untuk kemudian bisa dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar sini," ucap Kokok sapaan akrabnya kepada wartawan di lokasi, Rabu (28/6/2023).

Kokok yang pernah menjabat sebagai Bupati Blora dua periode tersebut mengatakan kegiatan pembagian hewan kurban di Blora telah dilakukan Prabowo Subianto beberapa kali.

Prabowo pernah membagi-bagikan sapi kurban ke Kecamatan Cepu dan Bogorejo.

"Ya ini kan kegiatan rutin Pak Prabowo dan tentunya Partai Gerindra untuk berbagi kebahagiaan. Sesuatu yang menyenangkan di saat idul Adha. Tiap tahun seperti ini dan kali ini jatuh di Pondok Pesantren Nurul Hidayah yang dipimpin oleh Gus Ali," kata dia. "Mudah-mudahan barokah, terima kasih Pak Prabowo, Pak Ketum Gerindra bantuan sapinya InsyaAllah bermanfaat dan barokah," imbuh dia.

Dia mengatakan Prabowo membagikan sebanyak 50 ekor sapi kurban se-Jawa Tengah, yang salah satunya ke Kabupaten Blora.

"Sapinya jenis limousin, beratnya sekitar 800 kilogram. Sapi ini dari peternak lokal Blora yang dibeli Pak Prabowo. Dan kita memanfaatkan peternak kita biar sama-sama dapat manfaatnya," terang dia.

Baca juga : Terkait Molornya Proyek, TPP Pegawai Dinas PUPR dan DP4 Terancam Berkurang 

Sementara itu, Subhan Ali atau Gus Ali mengucapkan terima kasih kepada Partai Gerindra yang telah memberikan seekor sapi kepada pondok pesantrennya. 

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas apa yang telah diamanahkan kepada kita. Kepada Bapak Prabowo semoga dimudahkan di setiap langkah beliau. Semoga Allah memberikan kekuatan, keberkahan," tambahnya.

Selain mendapatkan seekor sapi dari Prabowo Subianto, pondok pesantren yang memiliki sekitar 250 santri tersebut juga akan menyembelih satu ekor sapi lainnya dan 8 ekor kambing. (Endah/IST/IST)



Post a Comment

0 Comments