Rp 400 Juta Untuk Penggantian 48 Lampu PJU

 

INFOKU, BLORAPetugas mulai melakukan pergantian Lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Pemuda.

Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) setempat menggantinya dengan lampu LED smart system. Anggarannya mencapai Rp 400 juta.

Pergantian lampu itu dikalim menghemat biaya dan mudah dikontrol menggunakan aplikasi.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Perlengkapan Jalan Dinas Perumahan, Permukiman, dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora Peny Astuti menjelaskan, pihaknya menerjunkan tim pengganti lampu jalan dari LED biasa menjadi LED smart sytem. Jumlahnya sebanyak 48 titik di ruas jalan itu.

Baca juga : Silpa Rp 195 Miliar, Penyerapan Anggaran OPD DBlora Rendah 

“Kami lakukan revitalisasi PJU, dari LED biasa ke LED smart system di Jalan Pemuda,’’ terangnya.

Peny menerangkan, pengantian lampu LED masih difokuskan di Jalan Pemuda.

Penggantian lampu di jalan itu anggarannya mencapai Rp 400 juta. Anggaran itu hanya bisa mengganti lampu di 48 titik PJU.

Lampu itu cukup mahal karena cukup canggih. Bisa dikontrol menggunakan ponsel andoroid. Baik mematikan maupun meredupkan menggunakan aplikasi android.

Lampu LED smart system di Jalan Pemuda itu sebagai pilot project. Jalan protocol lainnya akan dipasang secara bertahap.

Baca juga : Pasar Pon Buka Lagi Tapi Khusus Pedagang Klithikan

Pergantian dilakukan karena lampu di Jalan Pemuda sudah berusia lama. Lampu LED lama di Jalan Pemuda bakal dipindah di jalan yang masih menggunakan PJU lampu merkuri.

“Memang yang dijalan pemuda angka lumennya atau terangnya sudah berumur, dipindah dipasang di lampu yang masih kuning merkuri,’’ katanya.

Peni menjelaskan, pihaknya bakal mengajukan lagi pengadaan LED smart system untuk penambahan. Itu sebagai wajah kota yang saat ini tengah menerapkan smart city.

Namun, lampu LED smart system tersebut belum menggunakan tenaga surya. Masih menggunakan listrik yang tersalur dari PLN. (Endah/IST)



Post a Comment

0 Comments