Fokus Datangkan Wisatawan, Masterplan Bendungan Randugunting Disiapkan

 

INFOKU, BLORA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora saat ini tengah menyiapkan masterplan wisata Bendungan Randugunting.

Bupati Blora Arief Rohman memerintahkan kepada Dinas Kepemudaan Olahraga Pemuda dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora dan dinas terkait lainnya untuk menyiapkan itu.

Presiden Jokowi & Petani saat menyapa warga di Bendungan Randugunting Blora

Usulan ini mencuat saat dilaksanakannya forum antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora baru-baru ini.

Saat sesi diskusi dalam forum tersebut disampaikan oleh peserta bahwa Pemkab Blora memiliki rencana penganggaran penataan kawasan wisata bendungan.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting Kabupaten Blora, 650 Hektar Sawah Blora, Pati & Rembang Terairi

Diharapkan akan ada penataan untuk pedagang. Sebelum berdatangan ada pedagang liar, baru-baru ini juga telah ada pembahasan antara dinas pariwisata dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Menanggapi hal tersebut, dari Bappeda Blora menyampaikan penataan wisata Randugunting dinilai perlu dibuatkan master plan terlebih dahulu.

Sehingga melalui master plan tersebut bisa diketahui  terkait gambaran kawasan yang perlu penanganan.

Baca Juga : Bertemu Jokowi, Inilah Curhat para Petani

Sekretaris Daerah (Sekda) Blora Komang Gede Irwadi menyampaikan pihaknya meminta Dinporabudpar melihat kewenangan pengelolaan Bendungan Randugunting terlebih dahulu.

Kemudian dilaksanakan pembahasan bersama pihak-pihak terkait. Ia meminta pengelola bendungan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar duduk bersama.

”lihat dulu, tanahnya milik siapa,” ujarnya.

Menurutnya juga perlu adanya pendekatan dari dinas terkait. Sebab, saat ini sudah banyak warga yang datang di sana. “Bagus untuk menjadi objek wisata baru,” imbuhnya. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments