Jalan Ambles Bendung Irigasi Kidangan Blora Perbaiki

 

INFOKU, BLORA - Penanganan dan perbaikan darurat tanah ambles di Jalan Bendung Kidangan Kecamatan Jepon, secara cepat dilakukan Petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kab Blora, Minggu (27/2/2022).

Kepala DPUPR Kab. Blora,  Samgautama Karnajaya, saat meninjau langsung di lokasi menjelaskan akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah Jepon dan sekitarnya pada Jumat sore hingga Sabtu (25-26/2/2022) telah menyebabkan tanah ambles di ruas jalan lingkungan Kidangan yang terletak di area bendung Kidangan dengan lubang ambles sekitar 1meter dan kedalaman sekitar 3 meter.

Dijelaskannya pada Sabtu (26/2/2022) salah satu warga Dukuh Kidangan Kelurahan Jepon melaporkan kejadian itu kepada DPUPR Kab.Blora agar segera dilakukan penanganan darurat, mengingat jalan yang ambles tersebut merupakan jalan lingkungan akses utama bagi warga Dukuh Kidangan Kelurahan Jepon.

Baca Juga : Jalan Randublatung-Getas Blora Diperbaiki Pasca Lebaran 2022

Keesokan harinya DPUPR Kab Blora bidang SDA langsung menugaskan para petugas OP untuk melakukan giat penangan darurat agar kerusakan yang lebih parah dapat dicegah dan jalan dapat segera berfungsi normal dan aman kembali.

"Pada hari ini Minggu (27/2/2022) kami lakukan sidak langsung ke lokasi jalan yang ambles setelah kami mendapatkan laporan dari warga setempat, hari ini juga kami terjunkan para petugas OP SDA kami untuk melakukan penanganan daruratnya dengan melakukan urugan kembali tanah yg ambles tersebut dengan urugan Bronjong dan grosok sampai kembali ke kondisi jalan semula," ungkap Kepala DPUPR Kab. Blora,  Samgautama Karnajaya.

Baca Juga : Palsuan SK untuk Syarat Tes Perades, Kades Beganjing KASNO Ditangkap Polisi

Pihaknya mengucapkan terimakasih atas kesigapan para petugas OP SDA yang dengan cepat merespon laporan warga atas kejadian ini.

"Dan akhirnya pada hari ini juga penanganan tanah ambles ini dapat diselesaikan dengan baik," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SDA Wilayah I, Surat, menambahkan petugas OP irigasi setempa sejatinya telah siaga dalam mengantisipasi banjir, setiap kali ada hujan lebat mereka senantiasa siaga untuk mengoperasikan buka tutup pintu bendung Kidangan serta siap sedia dalam membersihkan sampah banjir yang menyangkut di pintu bendung, termasuk penanganan darurat.(Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments