Mengapa MPP Sepi Pengunjung, Inilah Alasanya

INFOKU, BLORA - Berdasar pantauan dilapangan, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora akhir-akhir ini sepi pengunjung. 

Disdamping itu, banyak loket tak terisi petugas, karena Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora menerapkan pelayanan pengurusan izin sistem online

padahal ada 31 loket pelayanan yang tersedia, namun hanya ada empat loket terisi pengunjung.

Kepala Dinas DPMPTSP Blora Bondan Arsyianti melalui Kasubbag Pelayanan Dwi menyampaikan, sepinya pengunjung MPP karena sudah beralih menggunakan online, yakni melalui sistem informasi pelayanan online (SIMPOL).

Baca juga : FSP & SPSI Blora Desak Kenaikan Upah, UMK Hanya Cukup untuk Buruh Lajang

“Secara keseluruhan pemohon hanya melakukan pengajuan melalui handphone, dilanjut pemohon membawa berkas ke kantin pelayanan,” ucapnya.

Lanjutnya, ketika surat sudah dibawa ke kantor pelayanan, SK perizinan dikirimkan melalui via WhatsApp.

“Kami sering melakukan sosialisasi atau jemput bola melakukan pelayanan di desa-desa terpencil. agar masyarakat mengurus segala sesuatu melalui online,” ucapnya.

Namun meskipun sudah dilakukan secara online, masih saja ada instansi pemerintah yang tidak pernah hadir dan datang mengisi loket pelayanan.

Baca juga : Sebanyak 299 Formasi Belum Terisi, Akhirnya 1.734 PPPK Blora Dilantik

Loket pelayanan perbankan setiap hari ada penjaga, tetapi di instansi pemerintah ada jadwal tertentu yang mengharuskan mereka hadir dan tidaknya.

“Kami sedikit kewalahan bila penjaga loket tidak hadir. Sebab, harus menghafalkan 1.037 perizinan di semua loket,” katanya. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments