Lonjakan Penggunaan Listrik Jelang Lebaran, Puluhan Trafo Overload & Listrik Kerap Padam

INFOKU, BLORABeberapa kecamatan di Blora kerap mengalami pemadaman listrik tiap jelang Magrib mulai Ahad (31/3) hingga Selasa lalu (2/4) selama kurang lebih tiga jam. 

Sebab, diketahui ada puluhan trafo overload (kelebihan muatan/kapasitas). Sehingga, pihak PLN melakukan perbaikan secara bertahap.

Manajer Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Blora Setyo Karminto menjelaskan,  sebanyak 15 sampai 20 trafo PLN Blora di beberapa daerah mengalami overload.

Sebab, pengguna peralatan listrik membludak jelang Lebaran. Diprediksi kondisi tersebut masih berlangsung hingga momen Lebaran.

Sehingga, menyebabkan listrik padam untuk waktu cukup lama. Untuk menghidupkan trafo kembali, butuh waktu sekitar lima jam.

Baca juga : Awas Ada Calo Bisa Diterima CASN, Semua Proses Tahapan Seleksi Melalui Sistem

“Misal trafo terpasang 50.000 volt ampere (VA), tapi pelanggan melebihi kapasitas penggunaan. Akhirnya, trafo menjadi trip dan mati,” ungkapnya.

Setyo melanjutkan, sebenarnya setiap rumah tangga punya batasan atau toleransi 10 persen.

Namun, toleransi itu sudah tidak memungkinkan, karena saking banyaknya rumah tangga yang menggunakan peralatan listrik. Sementara, trafo tidak mencukupi kapasitas.

“Pelanggan menyalakan berbarengan bisanya saat sore hari hingga jam 10 malam,” katanya.

Diduga karena mulai banyak pemudik pulang ke rumah. Lalu, menyalakan perabot listrik dan biasanya membawa alat listrik dari perantauan. Diprediksi bakal terjadi hingga lebaran.

“Kadang kala tidak bisa diprediksi, karena penyebabnya juga bisa karena pencurian listrik, masih banyak ditemui,” jelasnya.

Setyo mengatakan, bagi pelangga yang berada di saluran listrik trafo overload bakal dipindahkan ke trafo lain.

Selain itu, bisa juga dengan cara menambah kapasitas. Namun, hal itu butuh waktu cukup lama. Sebab, butuh proses pengajuan kepada PLN UP3.

“Kami belum bisa menjamin, puncak mudik warga di minggu depan belum bisa diprediksi lagi,” terangnya.

Baca juga : Pemkab Blora Siapkan 3 bus Gratis tanggal 6- 9 April Jemput Perantau

Kepala ULP PLN Cepu Wardoyo juga mengatakan, travo 20.000 VA di Kecamatan Jati mengalami overload beberapa hari lalu. Namun, tidak ada kendala.

“Iya, biasanya menjelang lebaran. Banyak peningkatan penggunaan peralatan listrik, sehingga memyebabkan overload,” jelasnya.

Anton salah satu warga Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan mengaku listrik di desanya sempat mengalami pemadaman pada Senin malam lalu (1/4).

Namun, tidak sampai tiga jam sudah hidup kembali. ’’Padam saat malam hari, tapi tidak lama,” katanya. (Endah/IST) 


Post a Comment

0 Comments