Longsoran di Cepu dan Kedungtuban Ditangani DPUPR Blora-BBWS Bengawan Solo

INFOKU,BLORA - Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora mengadakan inspeksi dan uitzet bersama di sejumlah titik lokasi longsoran sungai Bengawan Solo yang berada di Kabupaten Blora, Senin, 24 April 2024. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Samgautama, menjelaskan penanganan longsoran sungai di Desa Panolan Kecamatan Kedungtuban, Desa Gadon dan Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu ditangani secara kolaborasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

“Rencana keempat titik longsoran tersebut akan segera ditangani secara kolaborasi bersama antara Bidang OP BBWS Bengawan Solo dengan Dinas PUPR Kab.Blora,” jelas Samgautama saat melakukan inspeksi dan pengukuran ulang di lokasi.

Baca juga : Wow....Ternyata 28 Desa di Kabupaten Blora Masih Blankspot Internet

Pelaksanaan penanganan longsoran tersebut akan dimulai pekan ini hingga dua bulan ke depan.

Dijelaskannya, yang pertama akan ditangani adalah longsoran ruas jalan Ngloram - Gadon.

“Rencana besok sudah dilakukan mobilisasi material berupa turap baja dan alat berat dalam waktu satu bulan ke depan diharapkan bisa diselesaikan sehingga arus lalu lintas yang melintas pada ruas jalan tersebut dapat segera pulih dan lancar kembali,” ungkapnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan penanganan longsoran di Desa Panolan Kecamatan Kedungtuban, dengan konstruksi turap kayu dan urutan serta penanganan longsoran di Kelurahan Ngelo Kecamatan Cepu sebanyak dua titik dengan konstruksi talud Bronjong.

Selama pelaksanaan pembangunan, sambung Samgautama Karnajaya  untuk sementara arus lalu lintas kendaraan akan ditutup total dan arus akan dialihkan melalui jalan alternatif yang berada di desa Ngloram dan Gadon.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat sekitar Desa Ngloram dan Desa Gadon,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blora Samgautama.

Baca juga : Pembenahan Tirtonadi Makin Tak Jelas, Belum Ada Titik Temu antara Pemkab dan Investor

Membersamai inspeksi Kabid Sumber Daya Air (SDA) Surat dan Kabid Bina Marga Danang Adiamintara, sedangkan dari BBWS Bengawan Solo dihadiri oleh PPK OP 4 Satker Bidang OP BBWS Bengawan Solo  beserta jajaran staf teknis. (Endah/KOM) 


Post a Comment

0 Comments