Harus Tertib Diri Terlebih Dahulu Sebelum Menertibkan Masyarakat

 

INFOKU, BLORA - Inspeksi mendadak (Sidak) terhadap anggotanya dilakukan langsung olh Kapolsek Tunjungan Polres Blora Polda Jawa Tengah AKP H. Soeparlan melakukan , Kamis (6/1/2022).

Sidak tersebut dilakukan sesaat sebelum apel pagi dimulai. Kapolsek AKP Soeparlan datang ke kantor mendahului anggotanya, dan pagi pagi sekali Kapolsek sudah stand by di pintu masuk Mapolsek.

Anggota yang masuk kantor dilakukan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan surat-surat identitas diri, serta surat surat kendaraan.

Melihat Kapolsek yang sudah berdiri didepan pintu sambil mengecek surat surat, sebagian anggota kaget biasanya tidak pernah dilaksanakan sidak seperti ini.

Kapolsek Tunjungan AKP H. Soeparlan mengungkapkan bahwa sidak ini dimaksudkan untuk menjaga kedisiplinan anggota serta meningkatkan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas.

"Awal tahun 2022, kita ingin mengajak anggota untuk selalu disiplin. Sidak ini adalah untuk memastikan kesiapan anggota, baik surat identitas diri ataupun surat surat kendaraan. Selain itu, kita juga memeriksa sikap tampang dan seragam kepolisian," kata Kapolsek Tunjungan.

Baca Juga : Anggota Polisi agar Aktif Patroli di Pemukiman Warga dan Persawahan

Dalam pemeriksaan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut tidak ditemukan pelanggaran dari anggota.

Namun demikian Kapolsek menegaskan bahwa anggota jangan coba coba melakukan pelanggaran. Karena pelanggaran sekecil apapun pasti akan diberikan tindakan.

"Sebagai anggota Polri, tentunya kita wajib disiplin, beri contoh yang baik kepada masyarakat. Tentunya sebelum menertibkan masyarakat, kita harus tertib diri terlebih dahulu," katanya.

Lebih lanjut mantan Kasi Humas Polres Blora ini membeberkan bahwa sebenarnya pemeriksaan anggota atau gaktiblin sudah rutin dilaksanakan oleh Kanit Provost, namun demikian Sidak dilakukan adalah untuk mengecek situasi real anggota.

"Intinya kita harus disiplin, jaga penampilan diri dan tingkah laku untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat," kata AKP H. Soeparlan. (Setyorini/POL)


Post a Comment

0 Comments