Akibat Puting Beliung Ratusan Rumah Rusak di Blora

 

INFOKU, BLORA Catatanan BPBD Blora, Jawa Tengah ada belasan rumah warga rusak berat akibat puting beliung di wilayah itu selama sepekan terakhir. Sedangkan ratusan rumah lainnya mengalami rusak ringan.

"Kalau rusak berat itu seperti rumah roboh ada 16 rumah. Terbanyak ada di Kecamatan Ngawen. Sedangkan jumlah rusak ringan kalau didata dan dilaporkan bisa mencapai ratusan rumah," ujar Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Blora, Slamet Widodo, saat dikonfirmasi, Minggu (31/10/2021).

Widodo menjelaskan yang dimaksud rusak berat seperti rumah yang roboh, rusak sedang sebagian rumah roboh atau mengalami kerusakan cukup parah, dan rusak ringan seperti genteng copot, pagar ambruk.

Data rumah rusak akibat puting beliung itu tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Blora. Meski begitu, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kalau luka agak berat, ada. Misalnya di Kecamatan Jepon kemarin. Rumah rubuh di mana penghuninya masih ada di dalam atau tertimpa rumah. Alhamdulillah dengan sigap langsung mengambil tindakan penyelamatan," terangnya.

Widodo mengimbau masyarakat agar memangkas pohon yang sudah tinggi. Karena di beberapa kasus yang sudah ada, banyak pohon tumbang yang menimpa rumah.

Sedangkan untuk mengantisipasi banjir akibat curah hujan yang tinggi, warga diimbau membersihkan selokan-selokan di area permukiman.

"Dan yang terakhir. Ini sering terjadi juga apabila ada angin puting beliung. Warga kebingungan untuk mencari tempat berlindung. Oleh sebab itu silakan dimusyawarahkan untuk menetapkan disepakati bersama di bangunan mana warga berlindung jika ada bencana angin puting beliung," tegasnya.(Endah)


Post a Comment

0 Comments