Becak Air Blora



Tukang Becak di Blora Banyak Beralih Jadi Penjual Air Bersih



INFOKU, BLORA- Meskipun sebagian besar masyarakat Blora mengeluh karena mengalami krisis air bersih akibat musim kemarau berkepanjangan beberapa bulan terakhir ini, namun kondisi ini justru dirasa menggembirakan bagi para tukang becak.
Disaat penumpang becak semakin lama semakin sepi, banyak tukang becak memanfaatkan musim kemarau untuk beralih berjualan air bersih. Mereka beranggapan keuntungan menjual air bersih lebih besar daripada menarik becak sehari-hari.
Lik (45) salah satu penarik becak mengungkapkan dirinya sejak 3 bulan lalu sudah mulai berjualan air bersih untuk melayani permintaan warga yang berada di wilayah Kecamatan Kota Blora. “Setiap musim kemarau saya pasti lebih memilih jualan air bersih mas, daripada menarik penumpang becak,” ungkap Suprat, Rabu lalu.
Dia mengaku saat berjualan air bersih dirinya bisa mendapatkan uang lebih dari Rp 100 ribu dalam sehari, sedangkan kalau menarik becak pendapatannya tidak pasti karena jarang penumpang.
“Dengan memakai becak saya membawa 6 jerigen berisi air bersih dengan harga Rp 20 ribu sekali jalan. Dalam sehari bisa 5 kali sampai 10 kali jalan mengantar air bersih ke rumah-rumah penduduk di sekitaran Kota Blora,” lanjutnya.
Sementara itu Bandi tukang becak lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. Ia mengaku sering dimintai tolong tetangganya untuk mengambilkan air bersih.
“Saya ambil air bersih, namun bukan menjual airnya tetapi menjual jasanya. Saya tarik ongkos jasa mengambil dan mengantar air bersih sampai ke rumah rumah warga,” bebernya.
Bersama teman-teman penarik becak lainnya mereka mengambil air dari sumur kunting yang berada di perempatan Jl.Kolonel Sunandar dan Jl.Nusantara Kelurahan Jetis.
Ia mengaku oleh pemilik sumur tersebut tidak ditarik biaya mengambil air, dibebaskan mau ambil air kapan saja. Hanya saja kepada konsumen para tukang becak penjual air bersih dadakan ini menarik ongkos jasa. (Anis/Tio)



Lihat Model Tabloid....

Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru