Pemkab Blora tabloid INFOKU 63

Djoko Nugroho “Pertamina Jangan Sampai Gagal di Blora”
INFOKU, BLORA- Bupati Blora, Djoko Nugroho, berharap banyak proyek-proyek Pertamina di Blora bisa dilakukan dengan baik.
Menurutnya kegagalan pada masa lalu terkait eksplorasi dan produksi minyak di Blora jangan sampai terulang. Karena itu dia meminta dukungan semua pihak termasuk DPRD agar Pertamina bisa mengeksploitasi sumber daya alam minyak dan gas (migas) di Blora.

‘’Dulu Exxon gagal di Blora. Kali ini Pertamina jangan sampai gagal,’’ ujarnya dalam sambutan tanpa teks di rapat paripurna DPRD, Senin (30/9).
Pernyataan bupati tersebut menyikapi aksi unjuk rasa yang dilakukan warga Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Selasa (24/9) pekan lalu.
Dia berharap aksi terkait Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) tersebut hendaknya menjadi pelajaran bersama.
Yakni terkait kepedulian perusahaan minyak terhadap masyarakat di wilayah kerjanya, serta dukungan masyarakat dan Pemkab terhadap proyek migas di daerah.
Bupati mengemukakan perusahan migas bisa mengeksploitasi sumber daya alam (SDA) di Blora dan mendapat keuntungan dari kegiatan tersebut. Selain bagi perusahaan, keuntungan tersebut dikontribusikan pula bagi penerimaan negara.
Hanya saja dia menegaskan perusahaan itu hendaknya tidak lupa akan kewajibannya terhadap masyarakat dan lingkungan tempat beroperasi.
Satu hal yang dipersoalkan bupati dalam aksi warga Desa Sumber adalah terkait PPGJ yang membutuhkan air untuk operasional kerjanya tidak lebih dari 7 liter per detik. Menurutnya keliru jika warga menuntut Pertamina PPGJ harus membeli air dari petani.
‘’Kalau membeli air dari sumur petani itu malah pidana. Air sumur petani PWJ untuk irigasi pertanian,’’ katanya.
Djoko Nugroho mengatakan selama ini pemerintah telah banyak memberikan bantuan kepada petani di Desa Sumber. Diantaranya pembangunan sejumlah sumur Product Well Juana (PWJ).
Menurutnya saat ini pemerintah dalam hal ini Pertamina PPGJ membutuhkan air untuk operasional kerjanya. Gas yang hasilkan dalam PPGJ akan disalurkan ke pembangkit listrik Tambaklorok, Semarang.
Bupati pun berharap warga membantu pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan di wilayahnya.(Endah/AM)
Foto Bupati Doko Nugroho
Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru