Pabrik Baru - Tabloid INFOKU 62


Tahun Depan Pabrik Kosmetik Akan Dibangun di Kunduran
INFOKU, BLORA- Tak lama lagi Kabupaten Blora akan memiliki satu lagi pabrik. Setelah ada pabrik rokok di Kecamatan Jiken, pabrik gula di Desa Tinapan Kecamatan Todanan tahun 2015 mendatang akan beroperasi pabrik tepung porang di Kecamatan Kunduran.
Hal ini ditegaskan Bupati Blora Djoko Nugroho beberapa waktu lalu.
“Kehadiran Menteri BUMN Dahlan Iskan April lalu untuk pencanangan penanaman 2500 hektar porang membawa dampak lebih baik bagi perkembangan ekonomi Kabupaten Blora,” ujar Kokok.

Mantan Dandim Rembang ini menyampaikan berdasar informasi dari Perum Perhutani di wilayah Kabupaten Blora lokasi pabrik kosmetik itu berada di Kecamatan Kunduran.
Saat ini, imbuh dia, para pejabat Perum Perhutani sedang mencari lahan yang tepat untuk lokasi pabriknya.
“Kami selalu jalin komunikasi dengan Perhutani untuk bersama mencari lahan yang tepat,” tuturnya.
Berdasar catatan INFOKU saat acara pencanangan penanaman porang Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan pabrik kosmetik berbahan porang ini saat ini dikonsumsi oleh warga negara Jepang.
”Jika beroperasi tanaman porang bukan hanya berasal dari wilayah lahan hutan Perum Perhutani KPH Blora, Cepu, Randublatung dan Mantingan saja, Namun juga dari para petani di Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur,” ungkap Dahlan kala itu.

Bahkan lebih lebih lanjut Dia ini menambahkan, saat ini model penanaman porang yang dikelola Perum Perhutani adalah dengan sistem gaji. Para petani anggota LMDH menanam porang dengan gaji sebulan Rp. 700 ribu.
”Gaji tersebut diberikan kepada petani sebulan dua kali. Semakin banyak petani menanam porang akan semakin tinggi mendapat gaji,”ucapnya saat itu.(Endah/YD).




Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru