tabloid INFOKU Semarang - 60


Tiga Pembobol ATM Diringkus
INFOKU, SEMARANG- Tiga penjahat spesialis pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dibekuk polisi.  Komplotan yang merupakan sindikat pembobol ATM ini berhasil dibongkar olah jajaran Reskrim Polrestabes Semarang.
Selain meringkus ketiga tersangka Andik Kurniawan (33) warga Jalan Durian  Pedalangan Banyumanik Joko Santoso (22), warga Jalan Gergaji Balaikambang Mugassari, Wahyu Putro Laksono (32), warga Jalan Meliwis Tanjungmas, Semarang, juga disita barang bukti diantaranya Daihatsu Xenia Nopol H-9326-CA, beberapa kartu ATM dari bank berbeda, sejumlah uang, gergaji besi, tiga potongan kayu  tangkai korek api.
Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan menyebutkan kerja ketiga tersangka cukup rapi. Mula-mula mereka dalam kerjanya melakukan pembagian tugas lebih dulu mencetak stiker 'call center' dengan disertai nomor telepon. Nomor telepon, tentu saja bukan alamat bank, melainkan milik pelaku sendiri.  Langkah selanjutnya, pelaku memasang jebakan dergan mengganjal lubang kartu mesin ATM dengan kartu ATM yang diganjal dengan potongan kayu korek api.

Dengan memasang ranjau itu, maka bila ada nasabah mau mencairkan uang tabungan dengan memasukkan kartu ATM pada lubang ATM mesin ATM nenjadikan kartu ATM nasabah tidak berfungsi alias tertelan. Nasabah dalam keadaan bingung, lalu muncul Andik yang berpura-pura nyarankan korban agar menghubungi nomor telepon call center yang tertempel di dalam gardu ATM.
Ketika menghubungi langsung diterima  Joko, rekan Andik. Kesempatan ini dimanfaatkan Joko menanyakan PIN rekening tabungan korban. Korban yang menghendaki nomor rekeningnya diblokir agar tidak  dimanfaat orang lain tidak menaruh curiga memberikan PIN nya itu.  Namun, tidak ternyata PIN itulah dipakai komplotan Andik menguras tabungan korban.
Menurut Kapolrestabes para pelaku sedikitnya telah membobol 7 ATM. Komplotan ini terakhir beraksi di ATM BRI depan Apotek Kimia Farma Jalan Brigjen Sudiarto Pedurungan  Semarang pada Rabu (7/8).
Korbannya Reni Indriani (35) warga Jalan Lamongan Barat VII/14 RT 08 RW 05 Sampangan Gajahmungkur. Akibat ulah para pencoleng ini tabungannya amblas Rp 16 juta.
 Sedang enam tempat lainya ATM BRI Jalan Simongan, 3 ATM BRI di daerah Kedungmundu dan ATM BRI di Sampangan. "Setelah melalui proses pelacakan, akhirnya kami berhasil menangkap tiga tersangka secara terpisah di tempat persembunyiannya," ungkan Elan Subilan.
Elan mengimbau kepada pihak bank selaku pengelola ATM untuk melengkapi perangkat kamera pengintai Closed Circuit Television (CCTV). "Hal itu untuk menghindari dan mempermudah pelacakan saat terjadi tindak kejahatan serupa,"jelasnya.(Tanti)
Foto: Ketiga pembobol ATM Andik Kurniawan, Joko Santoso dan Wahyu Putro Laksono.
Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru