Topik : Jabatan Baru - tabloid INFOKU 46



Tahun Baru Jabatan Baru
INFOKU, BLORA- “Pengisian jabatan dilakukan karena ada kekosongan jabatan untuk menjamin pelaksanaan tugas pemerintahan dapat berjalan lancar. Perpindahan antar jabatan perlu dilaksanakan untuk penyegaran sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja,” kata Bupati Blora kepada wartawan usai melantik 92 pejabat eselon IV dan III yang baru tersebut.
Sehingga data infoku menyebut yang ke-4 kalinya dalam tahun 2012 ini Pemerintahan Kabupaten Blora melakukan rotasi dan mutasi jabatan.
Kali ini ada sejumlah 92 pejabat eselon IV dan III yang dirotasi dan dimutasi. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Jumat, akhir Desember lalu di Pendopo Kabupaten, langsung oleh Bupati Blora Djoko Nugroho.
Pelantikan kali ini sangatlah tepat oleh bayak kalangan bila dipandang dari tahun anggaran, hingga dapat dibilang tahun anggaran baru pejabat juga baru.
Adapun pejabat yang dilantik diantaranya adalah Hadi Prabowo. Ia kini menduduki jabatan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Blora. Pada April 2012 ia menduduki jabatan Camat Jati. Sebelumnya, menduduki jabatan Kepala Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Blora.
Menyusul nama Irfan Agustian Iswandaru. Ia kini menduduki jabatan Kepala Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Blora. Pada April 2012 ia menduduki jabatan sebagai Camat Randublatung. Sebelumnya menduduki jabatan Camat Banjarejo.
Sudharmono yang kini menjabat Camat Randublatung. Sebelumnya pada April 2012 dia menduduki jabatan Sekretaris Dinas Peridustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
Nama lain yang tidak terlalu sial adalah Agus Listiyono. Ia kini menduduki jabatan Sekretaris Kecamatan Jiken.
Sebelumnya ia menjabat Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Blora.
Kemudian April 2012 dia menduduki jabatan baru sebagai Kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Blora.
Terlepas dari apapun pelantikan pejabat yang baru ditahun baru adalah suatu kemajuan, bila dibanding ratusan jabatan yang dikosongkan selama hampir 6 bulan.
“Mengosongkan jabatan bukanlah efisiensi anggaran, dan sekarang Blora harusnya bangga tidak lagi menduduki ranking pertama dalam kategori terbanyak kekosongan Pejabat di Indonesia. Hanya kurang dari 30 jabatan yang belum disi saja,” kata Ateng Sutarno kepada Infoku. (Agung)


Topik Samping
HM Kusnanto ( Ketua DPRD Blora) 
Minta Bupati Meninjau Ulang
INFOKU, BLORA- Ketua DPRD Kabupaten Blora Maulana Kusnanto meminta Bupati meninjau ulang pelantikan 92 pejabat eselon III dan IV yang dilakukan akhir pekan lalu karena banyak pejabat yang tidak berkompeten.
Bahkan, dengan tegas Kusnanto menilai pelantikan yang dilakukan Bupati itu menyalahi aturan.
 "Saya minta kepada bupati untuk meninjau kembali keputusan memutasi puluhan pejabat fungsionaris supaya benar-benar sesuai peraturan bupati.
Karena mutasi yang dilakukan kemarin diduga menyalahi aturan. Ini bukan sekali ini saja tapi sudah tiga kali,” ujarnya Kepada Sejumlah Wartawan disela acara orientasi fungsionaris partai Golkar di Kantor DPD Golkar Kabupaten Blora, Senin (31/12).
 Kusnanto menyatakan proses mutasi pejabat eselon yang dilantik bupati Blora tiga kali tidak sesuai dengan kompetensi dan kapasitas fungsional pejabat. Ia mencontohkan seorang mantan camat kemudian menjadi sekretaris kecamatan di kecamatan yang sama.
 "Banyak sekali kasus-kasus terkait mutasi pejabat lain yang benar-benar tidak sesuai kompetensi dan fungsinya. Ini bakal memperburuk kinerja birokrasi karena tidak sesuai dengan peraturan bupati," pungkasnya.(Agung)

    Lebih lengkap baca model Tabloid
                                  Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru