Jalan Nasional di Blora mulai Perbaikan, Akibat Pipa Bocor & Aspal Rusak

INFOKU, BLORAJelang tradisi mudik tentu membuat arus lalu lintas di jalan semakin ramai. 

Foto : IST  

Kalau dihitung tak kurang 20 hari lagi akan memasuki momen Lebaran.

Upaya meberikan kenyamanan bagi para pemudik, pemerintah setempat menargetkan perbaikan jalan rampung H-7 Lebaran.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora Danang Adiamintara mengatakan, untuk perbaikan jalan dilakukan sesuai dengan wewenangnya.

Ada jalan Nasional yang merupakan kewenangan pusat. Jalan provinsi yang merupakan wewenang Provinsi Jawa Tengah. Dan, jalan kabupaten.

Baca juga : Jalan Tembus Randublatung-Getas-Ngawi Akan Diselesaikan

“Untuk jalan provinsi dan pusat kami koordinasi dengan pihak terkait. Karena itu, kan wewenang di mereka. Sudah kami sampaikan,” jelasnya.

Sementara, untuk yang status jalan kabupaten sudah mulai dilakukan perbaikan. Perbaikan untuk menunjang fasilitas infrastruktur menjelang arus mudik.

“Trennya kan habis ini mudik, untuk ruas kabupaten kami targetnya H-7 lebaran selesai,” terangnya.

Perlu diketahui, curah hujan tinggi dan genangan air sepanjang minggu pertama Ramadan ini menyebabkan banyak lubang di jalan-jalan yang ada di Blora.

Salah satunya di ruas Jalan Ahmad Yani turut Kecamatan Blora Kota.

Selanjutnya, seorang penilik Jalan Rembang-Blora-Cepu dari PPK 3.6 Provinsi Jawa Tengah Dedy menyebut, sejak tiga hari terakhir ini pihaknya melakukan perbaikan jalan Nasional untuk persiapan mudik.

“Untuk perbaikan hari ini ambil enam sampai tujuh ton aspal. Pakai hotmix,” katanya.

Perbaikan dilakukan dengan menutup lubang-lubang, pada ruas jalan Nasional sejak dari Rembang, Blora, hingga Cepu, sepanjang 70 kilometer.

Baca juga : KUR Dipotong Dengan Alasan Biaya Asuransi, Sebelas Nasabah BRI Unit Sidorejo Blora Merasa Ditipu

Menurutnya, penyebab kerusakan di beberapa titik jalan di Blora, terutama di depan SPBU Karangjati hingga depan gedung DPRD Blora ada kaitannya dengan pipa PDAM Blora.

Lantaran pipa kadang bocor, juga akar-akar dari pohon-pohon pinggir jalan masuk di bawah aspal, mengakibatkan aspalnya naik dan rusak.

“Kami usahakan sampai lubangnya tertutup,” pungkasnya. (Endah/IST) 


Post a Comment

0 Comments