Wow ..... KPU Blora Sudah Habiskan Rp 25 Milyar untuk Tahapan Pemilu

 

INFOKU, BLORA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Kabupaten Blora telah menghabiskan anggaran sekitar Rp 25 miliar untuk berbagai tahapan Pemilu 2024.

Hingga kemarin (23/6) tahapan masih berlanjut. Diketahui, anggaran tersebut dikeluarkan untuk penyelenggaraan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres).

Anggaran tersebut berasal dari KPU RI yang telah dianggarakan hingga Juli nanti. Selain itu, pihak KPUK setempat juga sudah menerima tambahan anggaran terkait Pileg dan pilpres Pemilu 2024.

Ketua KPUK Blora Muhammad Khamdun mengatakan, hingga saat ini telah menghabiskan kurang lebih Rp 25 miliar untuk berbagai tahapan Pemilu 2024. Selain itu pihaknya sudah menerima anggaran tambahan yang bersumber dari KPU pusat.

Baca juga : Pemilu 2024 di Blora Didominasi Pemilih Perempuan

Pileg ini anggaran kami lumayan gede. Sampai Juli ini sudah hampir Rp 25 miliar. Adapun yang sudah kami terima tambahan honor badan ad hoc dari KPU RI. Tapi kami belum hitung jumlahnya berapa,” Jelasnya Selasa (20/6) lalu.

Hamdun menjelaskan, terkait sumber anggaran tersebut. Pihaknya akui, anggaran pileg dan pilpres semuanya bersumber dari pemerintah pusat, sehingga pihaknya hanya tinggal menerima anggaran diberikan KPU RI.

“Kami tidak ada kewajiban untuk meminta anggaran ke pemerintah daerah atau APBD untuk kegiatan pemilu nanti,” ungkapnya.

Baca juga : Baskoro Santiko, Ketua DPD Perindo Blora Mundur

Dia juga memperkirakan pada akhir 2023, KPU Blora bisa saja menghabiskan anggaran sebesar kurang lebih Rp 40 miliar untuk proses penyelenggaraan pemilu.

Hal tersebut disebabkan oleh honor-honor akan dibayarkan kepada tim penyelenggara pemilu  nanti.

“Sampai selesainya di 2023 saja, kami bisa merogoh kocek Rp 35 miliar hingga Rp 40 miliar. Kalau 2024 nanti kemungkinan bisa lebih besar lagi. Sebab, honor KPPS saja sudah sangat besar,” tambahnya. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments