Pegawai Honorer Kesulitan Daftar PPPK, Baru 79 Pendaftar Dari 401 Formasi

 

INFOKU, BLORA – Masih minim pendaftar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional tenaga teknis di Kabupaten Blora.

Dari total 401 formasi yang disediakan, baru ada 79 pendaftar hingga Kamis (29/12).

( Foto : IST)

Salah satu kendalanya tenaga honorer kesulitan mengisi pendaftaran. Yaitu ketidakpahaman mengenai pengalaman yang harus linier dengan formasi yang dituju.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora Heru Eko Wiyono mengaku telah mengkonfirmasi kepada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menanyakan tentang alasan minimnya pendaftar pada seleksi PPPK kali ini.

Dia juga meminta mereka agar datang ke help desk yang telah disediakan oleh BKD Blora apabila terdapat kendala dalam pendaftaran tersebut.

Baca juga : Serapan Anggaran Masih 80,8 Persen, Pelayanan Pencairan sampai 31 Des Pk 00.00

“Pagi tadi (kemarin, Red) kami sudah konfirmasi kepada masing-masing OPD. Kenapa temen-temen tidak segera mendaftar, dan hari ini sampai jam segini (sekitar pukul 15.00) masih banyak yang konsultasi ke kami,” terangnya pada media. 

Heru menjelaskan, BKD Blora telah membuka layanan help desk untuk membantu para calon pendaftar PPPK sejak pengumuman seleksi disampaikan ke publik. Yaitu 21 Desember lalu.

Perbantuan itu akan ada hingga berakhirnya masa pendaftaran PPPK untuk tenaga teknis. Yaitu 6 Januari mendatang. “Kami buka sampai jam 5 sore,” jelasnya.

Puluhan pegawai honorer tampak konsultasi ke kantor BKD Blora kemarin.

Baca juga : Serapan Anggaran APBD Blora Masih Rendah

Mereka datang berkelompok dengan didampingi bagian kepegawaian masing-masing OPD.

Kebanyakan dari pegawai honorer yang belum mendaftarkan diri adalah karena ketidakpahaman mengenai pengalaman yang harus linier dengan formasi yang dituju.

Sebab disyaratkan harus sudah berpengalaman selama dua tahun di posisi yang akan dilamarnya.

Selain itu, beberapa dari mereka mengaku kesulitan dalam mendaftarkan akun untuk menjadi peserta seleksi PPPK tersebut.

Baca juga : Tahun Depan ada Lowongan 27 Kursi Kades

“Karena sehari-hari mereka sebenarnya sudah mengerjakan tugas yang sebenarnya sudah linier. Tapi tidak tahu. Sehingga konsultasi ke kami rata-rata tentang persyaratan yang menjadi linier. Saya juga menyadari, temen-temen ini ada yang memiliki masa kerja sampai 17 tahun, 15 tahun, saya yakin masalah teknologi sekarang banyak yang kesulitan,” terangnya.

Dengan adanya pembukaan formasi PPPK tenaga teknis ini, Heru mengimbau agar kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Mengingat formasi PPPK yang dibuka tahun ini cukup lengkap. Setiap OPD terdapat formasi.

“Silahkan temen-temen honorer ataupun orang luar yang bisa mendaftar untuk bisa ke kami. Kami siap untuk melayani semuanya,” ungkapnya(Endah/IST


Post a Comment

0 Comments