Penghuni Blok “D” Pasar Rakyat Sidomakmur akan Diundi

 

INFOKU, BLORA - Pembangunan Blok D Pasar Rakyat Blora Sido Makmur dengan anggarannya Rp 3,8 Miliar telah selesai.

Untuk pengisian penghuninya kios bakal diundi di depan para pedagang, Sehingga tidak ada perselisihan.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Koprasi dan UKM Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi mengungkapkan, pembangunan Blok D Pasar Rakyat Sidomakmur sudah selesai.

Meski telat 8 hari. Namun Pelaksana sudah disanksi sesuai aturan yang berlaku. Yaitu denda untuk CV. Inti Cahaya Abadi dari Desa Patalan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora sebagai pelaksana pekerjaan.

Dia menambahkan, untuk penempatan bakal dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Dan menurut rencananya akan dilangsungkan pada Rabu minggu depan.

“Untuk yang menempati akan diundi. Ada 26 kios. Diutamakan bagi pedagang yang aktif bayar Retribusi, aktif jualan dan benar-benar memiliki lapak,” terangnya.

Lanjutnya Pembangunan Blok D Pasar Sidomakmur ini tidak lain agar para pedagang biar nyaman dan bersih saat jualan dan diharap ekonomi meningkat dan pembeli semakin banyak.

“Saat ini sudah selesai. Kemarin ada permintaan dari saya, supaya pemborong melakukan pembersihan lokasi sehingga pedagang masuk nyaman dan bersih. Ada yang diminta cet ulang. Sehingga hari ini masih ada pekerjaan,” bebernya.

Baca juga : Dugaan Pungli Berkedok Iuran Keamanan Pasar Blora Mulai Diusut Polisi

Dengan dibangunnya Blok D pasar rakyat Sidomakmur ini, penataan pasar lebih baik. Pedagang nyaman. “Semua gratis dan akan diundi di depan pedagang siapa saja yang bakal menempati kios,” tegasnya.

Diketahui, total pedagang di Pasar Rakyat Sidomakmur ada 2.315 pedagang. Menempati Blok A sebanyak 420 pedagang. Blok B ada 402 pedagang. Sementara Blok C ada 1057 pedagang. Masih ada lagi, yaitu pedagang pendasaran sebanyak 400 pedagang.

Untuk Pasar Rakyat Blora Sido Makmur dibangun diatas tanah milik Pemkab seluas 4,4 hektare. Totalnya senilai Rp 52,7 milyar. Dilaksanakan bertahap. Mulai tahun 2016 (pengurukan Rp 10,669 Miliar), tahun 2017 pembangunan dua Blok(A,B) Rp 24,589 miliar dan Tahun 2018 Rp 17,490 Miliar untuk Blok C.

Total ada 1.924 tempat terdiri kios, los dan meja jual beli. Rinciannya Kios Blok A dan B ada 264 unit (ukuran 3×4). Kios dalam los ada 360 unit (ukuran 2×2) dan meja bumbon ada 216 unit.

Untuk Blok C Kios ada 44 unit, Meja sayuran 900 unit ukuran 1 meteran, dan meja daging ada 140 unit. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments