Dindik Blora Luncurkan Aplikasi Sipakon untuk Permudah Kinerja

 

INFOKU,BLORA - Dinas Pendidikan Kabupaten Blora me-launching aplikasi Sipakon. Yaitu Sistem Informasi Penilaian Angka Kredit Online. Salah satu inovasi ini nantinya dapat memudahkan peningkatan kinerja organisasi dalam mendukung reformasi birokrasi di Kabupaten Blora.

Launcing aplikasi Sipakon kali ini dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi sederhana. Launcing ini dilakukan di tempat yang berbeda.

Yaitu di aula C Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. Dihadiri para stakeholder pendukung Sipakon. Mulai kepala Dinas Pendidikan, kepala BKD, kepala BAPPEDA, kapala Dinas Kominfo, kepala BPPKAD, para pejabat struktural Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, perwakilan Korwil Biddik, pengawas SD, pengawas SMP, tim penilai PAK, kepala sekolah, KKKS, MKKS, KKG, MGMP, dan guru.

Sipakon sendiri di-launching secara langsung Kadinas Pendidikan Kabupaten Blora Hendi Purnomo. Setelah itu dilanjutkan secara virtual Bupati Blora Arief Rohman melalui teleconference.

”Selamat, apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas launching karya inovasi Sujianto,” terang Bupati Arief Rohman.

Bupati juga berharap, aplikasi Sipakon ini, ke depan dapat memberi manfaat bagi banyak pihak. Baik bagi peningkatan pelayanan guru, tim penilai PAK, admin Dinas Pendidikan maupun stakeholder yang terlibat di dalamnya.

Guna peningkatan kinerja organisasi dalam mendukung reformasi birokrasi di Kabupaten Blora.

Sekaligus untuk mendukung program Sesarengan Mbangun Mblora menuju membangun SDM Unggul dan berkarakter dan suksesi program Blora satu data.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sujianto mengaku aplikasi Sipakon ini hadir di Dinas Pendidikan Kabupaten Blora sebagai karya inovasi untuk aksi perubahan kinerja organisasi.

Dia membuat aplikasi ini sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VII BPSDMD Prov Jateng.

Tujuannya untuk membangun akses komunikasi dan kemitraan pendidikan. Khususnya pelayanan bagi guru yang memiliki kesulitan dan atau hambatan dalam pengajuan dan pengusulan penilaian angka kredit.

Untuk itu perlu dilakukan terobosan kebijakan atau mekanisme penyusunan PAK untuk guru-guru se-Kabupaten Blora yang dilakukan secara bertahap. Dengan capaian jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek (60 hari) Pembuatan Sistem Informasi Penilaian Angka Kridit Online.

Jangka menengah (enam bulan berikutnya) tersedianya aplikasi database yang dapat diakses oleh seluruh guru yang memiliki kesulitan dan atau hambatan dalam pengajuan PAK.

Sementara jangka panjang (12-18 bulan berikutnya, red), semua guru menggunakan Sipakon dalam pengusulan kenaikan pangkat (PAK).

”Sehingga ke depan dapat terpenuhinya hak-hak guru yang memiliki kesulitan dan hambatan (sarana dan prasarana, pelayanan pendampingan, pelayanan bimbingan), melalui Mekanisme Pengajuan PAK,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kaabupaten Blora, Hendi Purnomo mengaku, bahagia dan seneng sekali adanya launching ini.  Sebab, temen-temen ASN dari dulu menanyakan pelayan yang mudah, murah, cepat, terintegrasi, dan terbuka.

”Alhamdulillah peserta pelatihan kepemimpinan bisa membuat aplikasi ini. Saya senang dari peserta pak Sujianto buat aplikasi Sipakon,” bebernya.

Hendi berharap, soal kenaikan pangkat dan kepegawaain ada informasi dan solusi terbaik. Selain itu, dia berharap aplikasi ini terus dilakukan perbaikan. Ada fitur ditambah.

Sehingga penilaian angka kredit bisa terintegrasi. “Saya yakin kami seneng semua. Terkait kenaikan pangkat ada keterbukaan, satu persepsi, mudah cepet dan terintegrasi,” tegasnya. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments