Blora Raih Prestasi Nasional Inovatif Percepatan Pencegahan Stunting

 

INFOKU, BLORA - Berkat keberhasilan menangani stunting (gizi buruk) Kabupaten Blora kembali mendapat PenghargaanTingkat Jawa Tengah maupun Nasional.

Prestasi yang diraih oleh Kabupaten yang dipimpin Djoko Nugroho, terkait dengan Percepatan Pencegahan Stunting Tingkat Nasional Tahun 2020.

Blora ditetapkan sebagai Kabupaten Terinovatif Kamis, (26/11/2020). Sebelumnya Pemkab Blora juga telah meraih juara II Nasional dalam program penanganan stunting

Sebagaimana diketahui angka Stunting di Blora cukup tinggi, hal ini dipengaruhi kondisi perekonomian masyarakat, angka pernikahan dini, dan kondisi ibu hamil yang mengalami kekurangan asupan gizi. Sepertiga dari mereka juga menderita anemia.

Pemkab Blora melakukan terobosan Inovatif melalui intervensi spesifik dengan memanfaatkan kearifan lokal dan diperkuat dengan penelitian dari DKK dan Puskesmas melalui RUD (Riset Unggulan Daerah) BAPPEDA Tahun 2019. Penelitian juga dilakukan bekerjasama dengan Puri Kelorina (sebagai CSR).

Hasil penelitian itu selanjutnya disosialisasikan kepada masyarakat bekerjasama degan TP PKK Blora yang diketuai Dra. Hj. Umi Kulsum mengungkap syukur atas raihan prestasi yang diraih Pemkab Blora dalam inovasi penanganan stanting. 

Isteri Bupati Blora yang juga Cabub Blora tahun 2020, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh anggota TP PKK di semua jajaran kecamatan sampai desa dan seluruh bidan desa yang sudah mendampingi keluarga yang memiliki balita stunting.


Dikatakan oleh Umi Kokok (panggilan akrab Umi Kulsum) berkat kerja kerasnya pengurus PKK yang dibantu para bidan desa angka stunting di Kabupaten Blora bisa menurun dratis.

Melalui gerakan wajib tanam kelor minimal 20 pohon per rumah menurut Bu Umi, tidak saja berhasil mengatasi stunting saja, namun juga bisa menjadi suplemen atau makanan tambahan di setiap sajian makanan untuk keluarga.

“Harapan saya stunting semakin berkurang dan sampai tidak ada lagi stanting di Blora, agar kualitas hidup masyarakat Blora semakin meningkat” papar Bu Umi Kokok. (Endah)

Baca model tabloid 
Gambar Klik Kanan, pilih buka Link baru



Post a Comment

0 Comments