Pelatihan Pembuatan Makan Ternak Sapi Dari Bahan Organik


INFOKU, BLORA Produktivitas peternak harus di kembangkan, untuk meningkatkan kualitas dan hasil dari para peternak, Sekaligus untuk mendorong produktifitas peternak dalam mewujudkan kesejahteraan masyarkat.

Salah satu langkah strategis yang dilakukan Kepala Desa Taman Rejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, dengan mengadakan Pembentukan Kepengurusan Kelompok Peternak Sapi Dan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Sapi Sistem Selase Dan Fermentasi Tahun 2020.

Yang dilaksanakan Di Halaman Rumah Pardi. Sabtu , 31/10/20.

Dalam acara ini dihadiri Kepala Desa, Perangkat Desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan 30 orang para peternak sapi Dukuhan Setro Tunjungan. Dan tetap mentaati aturan prokes covid 19.

Menurut Suratman Kepala Desa Taman Rejo upaya pemerintah sudah maksimal dari segala sektor untuk meningkatkan kualitas masyarakat yang sejahtera, Dengan sektor perternakan melalui teknologi yang canggih dan modern.

Untuk peningkatkan pemberdayaan pemanfaatan efisiensi dan efektifitas teknologi ternak sapi.

Suratman dan tim study banding di Desa Drokilo kecamatan Kedung Adem Kabupaten Bojonegoro, Koperasi Maju Bersama di bawah bimbingannya H. Sabat selama 3 hari.

Harapannya kelompok tani bisa meningkatkan kualitas, manajemen , pengelolaan, sekaligus pemberdayaan dan anggotanya bisa suskes, dan bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Dan harus dibentuk kepengurusan dan bisa di kelola Bumdes. Jumlah penduduk hampir 4000 orang lebih dengan potensi 35 % merupakan peternak sapi, Ini yang harus juga di Maksimalkan kearah lebih baik,” kata Suratman.

Warga yang hadir sangat menanggapi positif dan siap untuk mensukseskan segala bentuk kegiatan dalam peningkatan kesejahteraan kelompok tani Desa Desa Dukuh Taman Rejo. Kepengurusan langsung terbentuk Lembu Jaya Makmur.

Selanjutnya Hal ini harus di lakukan dengan tujuan Kelompok tani dukuh setro bisa meningkat, Dan ini baru pertama kali, Dulu 15 tahun yang lalu Gapoktan menerima bantuan dari dinas pertanian. Untuk pengolahan pupuk kompos.

Dalam kesempatan yang sama ‘Kelompok tani taman Rejo mau mencoba untuk membuat pakan ternak sapi secara fermentasi

Seperti diketahui kelompok tani dukuh Setro ber anggota kan 30 orang, tujuan utama dalam pembentukan anggota ini adalah untuk penggemukan ternak sapi,Fermentasi Pembuatan selase.

Selase adalah makanan hijau yang diawetkan, adapaun bahan bahannya , bahan dari tumbuhan hijauan, contoh rumput,daun ketela, pohon jagung, tebon dan sejenisnya, dan ada campurannya dedak / katul dan prebiotik, bisa EM4, dan tetes tebu, adapun teknis pembuatannya perbandingan dedak / katul 5 % dari jumlah makanan pokok rumput hijauan. (Endah/Bayu)



Post a Comment

0 Comments