Topik Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Blora



Topik
17 Kepala Daerah Jateng Dilantik, 4 Paslon Terpilih Ditinggal
INFOKU, SEMARANG Tujuh belas kepala daerah kabupaten dan kota hasil Pilkada Serentak 2015 di Jawa Tengah dilantik Gubernur Ganjar Pranowo, Rabu 17 Februari 2016.
Pelantikan akan digelar di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang.
Meskipun pada pilkada serentak berlangsung di 21 daerah, empat daerah tidak bisa mengikuti pelantikan secara bersama. Yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Sragen. 
Ke empat daerah itu belum bisa dilantik karena masa jabatan akan selesai akhir Februari 2016, belum mengetahui kapan sedianya keempat daerah tersebut dilantik.
Meski demikian diperkirakan akan dilantik pertengahan bulan Maret 2016.
Jalan menuju kawasan Simpanglima pun akan ditutup selama empat jam, mulai pukul 08.00-12.00.
Sebagai dampak penutupan jalan, paparnya, bakal terjadi kepadatanan arus lalu lintas di beberapa ruas. Tentunya, hal tersebut akan mengurangi kenyamanan para pengguna jalan.
Kemeriahan pelantikan, ada pesta kuliner dan pameran produk unggulan khas kabupaten/kota. Kuliner bisa dicicipi secara gratis," papar Sinung.
Makanan khas daerah diharuskan pula menggunakan bahan baku lokal. Dengan begitu, warga antardaerah bisa saling menikmati sajian yang dihidangkan.
Jumlah tamu undangan, Pemprov Jateng membatasi hanya 100 orang untuk pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dari masing-masing kabupaten/kota.
Meski begitu, tidak ada larangan bagi masyarakat yang ingin hadir tanpa diundang, Simpanglima  penuh warga.(Tanti/Endah/Agung)

Sisi lain Pelantikan 17 Kepala Daerah

Ganjar Pranowo Menguji 17 Kepala Daerah Saat Pelantikan

INFOKU, SEMARANG - Setelah diperbaiki taman dan rerumputan, Simpang Lima dijadikan tempat untuk melantik 17 kepala daerah di Jawa Tengah, Rabu (17/2/2016).
Sebelumnya, berbagai kegiatan besar dilarang diselenggarakan di lapangan yang sudah menjadi ikon kota Semarang itu.
Hingga kini, tanaman dan reumputan di Simpang Lima sudah tertata rapi.
Lalu apakah setelah pelantikan kepala daerah nanti akan tetap rapi?
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menjelaskan, ia memang sengaja menggelar pelantikan di sana.
"Besok bisa kita lihat, apakah kepala daerah kita dan masyarakat yang hadir punya perilaku ramah lingkungan. Misalnya tidak menginjak tanaman hias, tidak membuang sampah sembarangan, memang kami ingin menguji besok," terang Ganjar Selasa(16/2/2016).
Pantauan , dua jenis tempat sampah disediakan setiap kurang lebih sepuluh meter mengelilingi Simpang Lima.
"Besok kita uji, apakah perilaku kebanyakan sudah perduli terhadap lingkungan atau belum," terang Ganjar.
Menurutnya, perbaikan perilaku masyarakat juga merupakan hal penting disamping pembangunan fisik dan prasarana oleh pemerintah.
Menurutnya pembangunan infrastruktur harus dibarengi dengan kesadaran untuk menjaganya. (Tanti)



750 Personil Polisi dan TNI Diterjunkan Saat Pelantikan
INFOKU, SEMARANG- Sebanyak 750 personil gabungan pengamanan disiagakan untuk mengamankan jalannya pelantikan Walikota dan Bupati di Lapangan Pancasila Simpanglima, Kota Semarang, Rabu (17/2/2016).
Rinciannya, 560 personil dari Polrestabes Semarang dan 190 dari TNI.
Selain dua unsur tersebut, juga disiagakan personil gabungan lainnya dari Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.
Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Wawan Kurniawan, mengatakan, sebelum apel pasukan pengamanan, lapangan Simpanglima dan sekitarnya akan disterilkan oleh personil dari Brimob Polda Jateng. 
   "Sebelum apel akan disterilkan dulu oleh Jibom (penjinak bom) Brimob Polda Jateng," kata Wawan kepada Tribun Jateng, Selasa (16/2/2016). (Joko)


Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru