Gebyar PAUD

PAUD MERUPAKAN BAGIAN STRATEGI PEMBANGUNAN SDM
 
Bupati Blora Djoko Nugroho menyatakan  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan bagian strategi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu harus dipandang sebagai titik sentral dan merupakan hal yang fundamental.

Menurut Bupati, usia dini merupakan bagian dari masa keemasan (Golden Age) dalam kehidupan seseorang.

“Tidak hanya itu, usia dini sekaligus merupakan periode kritis dalam menentukan tahapan kehidupan anak selanjutnya. Semoga dari ajang kreatifitas anak usia dini ini bisa melahirkan bibit-bibit unggul dari Kabupaten Blora,” ujar Bupati yang akrab disapa Kokok saat sambutan pada acara Gebyar PAUD 2015 Tingkat Kabupaten Blora di pendopo rumah dinas, Rabu (13/05) .

Periode Kondusif

Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD Blora Umi Kulsum Djoko Nugroho menegaskan pada periode anak usia dini merupakan periode kondusif untuk menumbuhkembangkan berbagai kemampuan anak, seperti moral agama, fisik, motorik kasar dan halus, bahasa, kongnitif, sosial serta seni.

“Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan terhadap anak usia dini, perlu ditingkatkan potensi kecerdasannya, dengan belajar dan bermain yang menyenangkan, seperti kegiatan Gebyar PAUD ini” tandas Umi Kulsum.

Dijelaskannya, melalui kegiatan Gebyar PAUD tahun ini diharapkan  peserta didik bisa lebih menyalurkan potensinya masing - masing sehingga lebih semangat dan ceria. Ikatan emosional antara orang tua, murid dan guru akan semakin dekat dalam suasana kekeluargaan yang terjalin harmonis.

“Tentu saja, hal itu akan memberikan efek yang positif bagi perkembangan psikologis anak,” kata dia.

Suasana berlangsung meriah dengan beragam lomba yang diikuti 250 anak PAUD perwakilan dari 16 kecamatan se Kab. Blora.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Blora Achmad Wardoyo menjelaskan beragam lomba digelar untuk anak TK dan Kelompok Bermain. 

Lomba anak TK meliputi mendongeng, menyanyi lagu wajib, meronce, gerak dan lagu, lari menancapkan bendera dan finger painting.

Lomba untuk Kelompok Bermain meliputi main lego, mencap dengan tangan, Gerak Kreatifitas Anak, Bercerita dengan gambar, memindahkan air dalam botol, lari memindahkan bola sesuai warna.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan/Dinas/Instansi terkait, Camat se-Kabupaten Blora, Bunda PAUD kecamatan se-Kabupaten Blora, Ketua HIMPAUDI, Ketua IGTKI serta Organisasi Wanita se-Blora. (DPPKKI Kab Blora| foto : istimewa | ‘tg).