Silpa Blora 2013 - tabloid INFOKU 68



Diprediksi Capai 200 Miliar
INFOKU, BLORA- Sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) 2013 diperkirakan masih tinggi. Itu terjadi karena serapan anggaran tahun 2013 relatif rendah.
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Blora, Seno Margo Utomo, memprediksi silpa tahun anggaran 2013 tidak kurang dari Rp 200 miliar.
‘’Banyaknya kegiatan ataupun proyek yang tidak dilaksanakan menjadikan anggaran tidak terpakai. Akibatnya silpa menjadi tinggi,’’ ujarnya, Selasa (17/12).
Prediksi Seno Margo Utomo tersebut bukan tanpa dasar. Dia menuturkan realisasi surat perintah pencairan dana (SP2D) di Pemkab Blora per tanggal 15 Desember 2013 mencapai sebesar Rp 1,063 triliun atau 74,58 persen.
Dengan demikian terdapat sisa anggaran sebesar Rp 362,6 miliar.
‘’Jika serapan anggaran masih terjadi hingga 25 Desember, maksimalnya kemungkinan sebesar Rp 150 miliar. Sehingga tetap saja masih ada sisa sekitar Rp 200 miliar,’’ tegas Seno Margo Utomo, anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Dari data yang dimilikinya, Seno Margo Utomo menyebut satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang serapan anggarannya rendah adalah Dinas Pekerjaan Umum (51 persen) serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) mencapai 83 persen.
‘’Di DPU masih terdapat sisa anggaran sekitar Rp 119 miliar, sedangkan Dindikpora Rp 112 miliar,’’ ungkapnya.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPU, Bondan Sukarno, menegaskan SP2D per tanggal 15 Desember tidak bisa menjadi patokan besarnya serapan anggaran.
‘’Itu hanya angka sementara untuk keperluan administrasi anggaran,’’ tegasnya.
Dia menuturkan di lingkup DPU, sejumlah proyek hingga kini masih dilaksanakan. Pengerjaan proyek-proyek tersebut akan berakhir 20 Desember.
Bondan Sukarno pun menyakini serapan anggaran di SKPD yang dipimpinnya akan lebih tinggi.
‘’Bahkan mungkin serapan anggaran bisa mencapai 100 persen,’’ tegasnya.
Bondan Sukarno yang didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Blora, Kunto Aji, menuturkan ada beberapa proyek di DPU yang molor pengerjaannya.
Hanya saja dia memastikan pengerjaan proyek yang molor itu tetap bisa diselesaikan tahun ini.(Endah/AM)

Lihat Ukuran Besar

Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru