Pemkab Blora tabloid INFOKU 61


Pikades 4 Calon Tunggal Menang Mutlak
INFOKU, BLORA- Wawan Heri Subakir, calon kepala desa (cakades) tunggal dari Desa Jomblang, Kecamatan Jepon, Blora akhirnya menang mutlak atas bumbung kosong.
Wawan yang juga calon petahana ini meraih suara 1.510, dan bumbung kosong 57 suara dan suara tidak sah 46. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2.062.
Jalannya perhitungan suara sendiri sempat mengalami penundaan, karena adanya insiden penyulutan petasan oleh pendukung calon terpilih, sehingga perhitungan dihentikan sementara.
Setelah perhitungan selesai, Wawan langsung diusung dan diarak dengan kesenian barongan oleh para pendukungnya dari Balai Desa sampai rumahnya yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Hal yang sama di Desa Puledagel, di mana calon tunggal Rubi Hartatik yang merupakan petahan juga unggul mutlak 1.189 dan yang tidak mendukung 125 suara, sedangkan yang rusak 54 suara dari 1.360 pemilih.
Pelaksana Harian Kades Puledagel Supangat mengatakan tingkat kehadiran di desanya sangat bagus, sebab dari 1.360 hak pilih, yang hadiri sebanyak 1.314 orang.
"Hasil pemilihan calon tunggal Rubi Hartatik menang mutlak," kata Supangat.  Desa Balong juga demikian. Nyomo yang merupakan incumbent memperoleh suara 917, sedangkan yang tidak mendukung 43 suara dari DPT 1.121.
Calon tunggal lain yang menang, yakni Suprapti dari Desa Sumurboto yang mendapat suara 1.189, dan kosong 56 tidak sah 20 dari jumlah hak pilih 1.265 orang.
Dalam pilkades itu, panitia menyediakan berbagai doorprize serta hadiah utama berupa kambing. Tujuannya, agar warga yang akan memilih hadir untuk memberikan suaranya.
Selain di Desa Jomblang, beberapa desa yang calon kadesnya tunggal banyak yang melakukan hal serupa dengan memberikan iming-iming hadiah. Hadiah tersebut ada yang berasal dari Cakades serta banyak juga yang sumbangan dari beberapa calon anggota legislatif DPRD Blora.
Dari pantuan INFOKU Minggu (25/8) di beberapa desa cukup semarak. Di beberapa desa yang rawan konflik, seperti Desa Kemiri, Desa Bangsri dijaga ketat personel TNI dan Polri.
Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho didampingi Plt Sekda Blora Sutikno Slamet dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPB) Suwignyo memantau langsung jalannya pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 234 Desa.
Bupati ingin memastikan pelaksanaan Pilkades kali ini berjalan lancar tertib dan aman.
Djoko cukup senang dengan banyaknya masyarakat yang mendatangi tempat pemungutan suara yang dipusatkan di balai desa. "Kami senang hingga pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan baik tidak terjadi apa-apa," katanya saat monitoring di Desa Karangtengah Kecamatan Ngawen, Blora.
Bupati berpesan agar setelah perhitungan suara dan diperoleh hasilnya, calon yang menang bisa menghormati yang kalah. Demikian juga yang kalah juga harus menerima kekalahan dengan legawa dan tetap menjaga iklim kondusif yang ada di desa.
"Kami harap semuanya bisa saling menghormati, siapa pun yang menang atau kalah, sehingga setelah pilkades masyarakat bisa hidup dengan rukun dan tidak terpecah-pecah," pesannya. (Endah/SGK)
Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru