Tercatat 272 Perades & Kades di Blora Jadi Mahasiswa RPL

 

INFOKU, BLORA - Sebanyak 272 Perangkat Desa (Perades), mulai dari Kades, Kadus dan perangkat desa lainnya di Blora menjadi mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), program dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT).

inilah Kades & Perades Blora  yang Dikuliahkan Pemkab Blora

Mereka, ke -272 mahasiswa RPL itu, backgroundnya dari Perades se -Kabupaten Blora dengan semangat telah mengikuti kuliah umum di gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (30/8/2023).

"Alhamdulillah, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian Desa PDTT, melalui Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMP), atas kesempatan yang diberikan kepada Kepala Desa, Perangkat Desa dan Pegiat Desa lainnya di Kabupaten Blora untuk mengikuti program RPL. Semoga program ini membawa keberkahan bagi kita semua," papar Bupati Blora, Arief Rohman.

Baca juga : Keluarkan Rp 810 Juta pada Semester Pertama, untuk Perades Yang Dikuliahkan

Menurutnya, dari jumlah Perades yang ikut program RPL tersebut tersebar di beberapa program studi.

Seperti Prodi Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Sosiologi Antropologi, Manajemen serta Akuntansi.

"Dari jumlah 272 mahasiswa yang tersebar di beberapa Prodi itu, paling banyak dari Kadus sebanyak 51 orang, 44 orang dari Sekdes, 36 kaur perencanaan, 28 kaur keuangan, 22 kasi pelayanan, 21 Kades, 18 kasi kesejahteraan, 18 kaur Tu, 17 kasi pemerintahan, dan sisanya dari beberapa pegiat desa lainnya.

Baca juga : Sebanyak 173 Kades & 1.700 Perades di Blora Lulusan SMA Akan Dikuliahkan

Kepada para mahasiswa RPL dari Kabupaten Blora, Bupati minta agar bisa serius dalam menempuh pendidikan. Jangan patah semangat sehingga putus di tengah jalan.

"Ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan value panjenengan. Perlu dipahami bahwa 50% subsidi dari APBD untuk pembiayaan belajar panjenengan adalah uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan output maupun outcome-nya. Di samping komitmen terhadap pakta integritas yang telah ditandatangani," pesannya.

Baca juga : Blora Siap Jadi Percontohan Program RPL Kemendes PDTT

Kepada Rektor Unnes, Bupati juga mengucapkan terima kasih, telah berkenan menerima perangkat desa di Blora sebagai mahasiswa program RPL sehingga pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi dapat dipakai penyetaraan akademik.(Endah/KOM) 


Post a Comment

0 Comments