Sebanyak 8.330 “Sego Berkat” Godong Jati Serta Air & Tanah dari 295 Desa untuk Tasyakuran HUT ke-78 RI di Blora

 

INFOKU, BLORA - Tasyakuran HUT ke-78 RI yang dikemas dalam Gas Deso Kabupaten Blora (Sedekah Desa Tingkat Kabupaten) disediakan sebanyak 8.330 sego berkat godong jati (nasi berkat dibungkus daun jati).

ilustrasi

Selain itu juga  air dan tanah yang berasal dari 295 desa yang akan dibawa dalam kegiatan yang bakal memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) tersebut.

Tasyakuran bersama dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan itu digelar di sepanjang jalan Pemuda, di Kota Blora, Jawa Tengah.

Acara diselenggarakan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023, mulai pukul 15.30 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, para camat mengkoordinir pengumpulan air dan tanah dari masing-masing desa/kelurahan.

Baca juga : Tersisa 10 Desa Tertinggal di Blora, 223 Desa Kategori Berkembang

Air ditempatkan dalam satu kendi. Sedangkan tanah dimasukkan ke dalam satu besek.

Sego berkat godong jati merupakan partisipasi dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Blora, kecamatan serta seluruh desa dan kelurahan.

Instansi vertikal, BUMN, BUMD, Ormas dan sekolah serta koperasi yang ada di Blora juga turut berpartisipasi dalam penyediaan sego berkat godong jati.

Baca juga : Wisata di Kampung Samin Sambongrejo, ada Home Stay & Nikmati Jajanan “Ndeso”

Menu sego berkat dan kelengkapannya terdiri dari Nasi Putih, Mie Ayam, Telur, Nyomok Tempe, Sambal Goreng Kentang, Rempeyek Air Mineral Botol 600 ml (botol tanggung), Buah Jeruk, Sendok, Tas Kresek (untuk wadah sego berkat).

Mereka juga diharuskan membawa dua buah tikar untuk lesehan di sepanjang jalan Pemuda. Tak hanya itu, mereka juga wajib memakai busana adat Samin.

Baca juga : Ingin Disambut Pembatik Daun Jati, Datanglah ke Kampung Samin Blora

Jadilah acara ini dinamakan Tasyakuran HUT RI ke-78 dengan menggelar kegiatan Gas Deso Kabupaten dengan memecahkan rekor MURI sajian sego berkat terbanyak dan mengenakan busana adat Samin terbanyak.

Kegiatan itu menyediakan sebanyak 8.330 sego berkat, 833 tampah (nyiru), 742 tikar dan 6.012 peserta mengenakan pakaian adat Samin.(Endah/IST


Post a Comment

0 Comments