Sejak 2021 Siswa Belajar di Rumah Warga, Tiga Kelas Rusak

 

Foto : IST

INFOKU, BLORA Ada 3 ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Blora, masih belum bisa digunakan.m karena masih rusak parah.

Kegiatan belajar terpaksa dipindah ke rumah warga sekitar.

Dengan kondisi seadanya, bahkan terdapat rumah warga masih beralaskan tanah untuk kegiatan belajar. Melihat kondisinya, Dinas Pendidikan (Disdik) Blora segera menindaklanjuti perbaikan.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Sandy Tresna Hadi mengatakan, sudah menganggarkan Rp 390 juta perbaikan tiga ruang kelas SDN 2 Sambongrejo.

Baca juga : DPRD Akan Awasi Penggunaan Dana BOSP

Perbaikan bersumber dana alokasi khusus (DAK). Sebelumnya, kerusakan diketahui awal 2022. Ia mengklaim, sudah survei ke lokasi setelah mendapat laporan.

“Sudah kami cek. Kami anggarkan melalui pusat dengan DAK 2023 melalui usulan 2022 lalu,’’ jelasnya.

Pihak komite SDN 2 Sambongrejo sudah konfirmasi Januari lalu. Sudah ada anggaran, pihaknya akan mengeksekusi setelah Lebaran nanti.

Baca juga : Pasar Pon Buka Lagi Tapi Khusus Pedagang Klithikan

Baca juga : Silpa Rp 195 Miliar, Penyerapan Anggaran OPD DBlora Rendah 

Perlunya perencanaan terlebih dahulu agar perbaikan maksimal. Perencanaan sejak Maret hingga April dan perbaikan mulai Mei nanti.

Yasminingsih salah satu guru mengatakan, kegiatan belajar di rumah warga dilakukan sejak akhir 2021. Kegiatan belajar meliputi kelas tiga, empat dan enam (terpisah dengan kelas lainnya). Tercatat, jumlah ada 98 siswa. 

“Saat proses belajar di rumah warga, siswa banyak mengeluh suhunya panas. Bahkan, ada yang alas rumahnya masih tanah,’’ keluhnya.

Dia menambahkan, sebelumnya plafon ruang kelas pernah ambrol saat jam pelajaran dan beruntung tidak ada korban jiwa. (Endah/IST



Post a Comment

0 Comments