Command Center Agar Data Terintegrasi dan Mudah Diakses


INFOKU,BLORA  - Program command center agar data-data yang ada dapat terintegrasi dan bisa diakses secara mudah akan disiapkan Pmkab Blora.

“Kita target dengan Dinas Kominfo yakni terkait command center yang akan dicanangkan Februari, diharapkan bisa bersinergi, dan data-data yang sudah ada bisa dimasukkan, sehingga memantau menjadi lebih mudah,” kata Bupati Blora H. Arief Rohman saat membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Kabupaten Blora dalam angka 2022, di Pendopo Bupati, Senin (31/1/2022).

Pihaknya berkeinginan, melalui FGD tersebut ke depan akan muncul data-data maupun rekomendasi strategis bagi pembangunan Kabupaten Blora sekaligus mewujudkan satu data.

"Dari FGD ini kami mohon rekomendasinya agar data ini bisa selaras saling melengkapi dan saling membangun. Kami harapkan nanti data ini untuk bisa disatukan dengan Dinas Kominfo, Bappeda, dan BPS," terangnya.

Termasuk lanjutnya, data-data yang nantinya dapat mendukung penyelesaian berbagai persoalan di Kabupaten Blora. Seperti upaya pengentasan kemiskinan, stunting, infrastruktur dan sebagainya.

"Poin-poin penting apa nanti yang akan menjadi rekomendasi kepada saya untuk mengambil kebijakan tolong disampaikan. Kita ada beberapa indikator yang kita harus diselesaikan seperti kemiskinan dan stunting juga, biar kita bisa turun angkanya" jelasnya.

Dikatakannya, pembangunan tak akan lepas dari data yang berkualitas, pembangunan memang mahal, tetapi membangun tanpa data yang berkualitas akan jauh lebih mahal.        

Baca Juga : Dibentuk Ruang Layanan Aduan Proses Pengisian Perades Blora

Arief Rohman juga berkeinginan ke depannya ada survei kepuasan masyarakat terhadap berbagai sektor, seperti halnya infrastruktur, kesehatan, dan sebagainya.

“Jadi kami berharap bisa ada survei terkait kepuasan masyarakat dalam rangka pembangunan Blora. Termasuk sektor apa yang dirasakan masyarakat masih kurang, sehingga berdasarkan hasil data tersebut nantinya bisa menjadi pertimbangan kebijakan kami,” tambahnya.

Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada BPS Blora yang telah aktif mendukung terlaksananya program pembangunan di Blora.

“Saya sampaikan terima kasih apresiasi kepada BPS Blora yang sudah mendukung kami dan proaktif sekali, dan data ini sangat penting karena dari data ini akan lahir kebijakan-kebijakan yang kita ambil,” paparnya.

Arief Rohman-pun menegaskan agar seluruh OPD yang ada untuk dapat serius dalam menghasilkan data yang berkualitas.

“Oleh karena itu kami minta untuk seluruh OPD bisa serius untuk terkait dengan data ini," ucapnya.

Sementara itu Kepala BPS Blora Nurul Choiriyati mengungkapkan bahwa adanya FGD ini dalam rangka menyiapkan publikasi data yang berkualitas.        

Baca Juga : ASN Yang Terlibat Dugaan Pungli di Pasar Randublatung Blora Ditindak Tegas

"Pada hari ini kita focus group discussion dalam rangka penyusunan Kabupaten Blora dalam angka maka perlu saya sampaikan kita harus menyiapkan segala sesuatunya dengan paripurna tidak hanya setengah-setengah," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan bahwa adanya FGD ini untuk mengkonsolidasi data yang telah terkumpul dari OPD terkait.

"FGD kali ini untuk memvalidasi, dengan adanya FGD hari ini harapannya data yang kita publikasi nantinya adalah data yang sudah terkonsolidasi bersama,” terangnya.

Data yang berkualitas menjadi salah satu kunci dalam mewujudkan pengambilan kebijakan pemerintah yang tepat. Pemerintah Kabupaten Blora terus bersinergi dengan berbagai pihak termasuk Badan Pusat Statistik (BPS) Blora.

    Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan dari OPD Pemkab Blora dan perwakilan dari Instansi vertikal yang ada di Kabupaten Blora.(Setyorini/IST) 

Post a Comment

0 Comments