Proses Pengisian Perades Dilanjutkan, Pemilihan Universitas Untuk CAT Kewenangan Desa

 

INFOKU, BLORA Proses Pengisian perangkat desa terus berlanjut, setelah sempat ditunda, kini Rangkaian kegiatan kembali diteruskan.

Kali ini beragendakan paparan pihak ketiga terkait Test Tertulis (CAT) Seleksi Perangkat Desa (Perades) di Kabupaten Blora kepada seluruh perwakilan Desa yang tengah melaksanakan perekrutan pengisian kekosongan jabatan perangkat di masing-masing desanya.

Dari 15 Perguruan Tinggi yang disurati Pemerintah Kabupaten Blora, hanya 2 PT yang hadir. Yaitu STISIP Yogyakarta dan IAIN Pekalongan.

Bupati Blora Arief Rohman mengungkapkan, sebelumnya, pihaknya sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) soal Pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Penjaringan dan Penyaringan perangkat desa tahun 2021.

Salah satu poinnyanya adalah, yang dapat bekerjasama sebagai pihak ketiga hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja.

“Dengan berbagai macam masukan yang kami terima, untuk mitra yang akan dipilih bisa PTN ataupaun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berakreditasi minimal B yang mempunyai jurusan ilmu pemerintahan, hukum dan sosial,” jelasnya.

Arief Rohman mengatakan, pihaknya sudah mengundang 15 Perguruan Tinggi (PT). Yaitu untuk pemaparan dari pihak perguruan tinggi.

Baca Juga : Bupati Blora Lantik 8 Kades Baru

“Ada dua PT yang hadir untuk pemaparan. Pemaparan ini sendiri nanti ada dua tahap. Hari sabu ini dan hari Rabu. Hari Rabu akan kita putuskan. PT mana yang bapak ibu pilih,” terang bupati.

Dia menyebut, kewenangan memilih mitra ini ada di panitia desa. Tentunya koordinasi dengan kepala desa.

“Silahkan nanti dipilih hari Rabu. Setelah dipilih, tanggal 14 Jumat sore kita akan mengadakan MOU PT yang dipilih dengan pihak penyelenggara,” paparnya.

Sebagai keterangan Dinas maupun Forkopimda tidak memilih universitas mana yang akan bekerjasama dengan panitia desa.

Panitia desa berhak memilih sesuai hati nurani sesuai kepercayaan dan merupakan kewenangan mereka. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments