Segera Isolasi Mandiri 13 Warga Positif Rapid Test di Klinik Padma


INFOKU, BLORA – Menyusul hingga saat ini ada 13 warga Blora yang positif Rapid Test, Pemkab Blora merencanakan untuk melakukan isolasi mandiri warga yang dinyatakan positif Rapid Test tersebut di Klinik Bhakti Padma, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo.
Hal itu dikemukakan Wakil Bupati (Wabup) Blora, H. Arief Rohman, MSi, saat menyampaikan update perkembangan Covid-19 di Blora melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Blora, Rabu (29/04/2020).
”Saat ini Pemkab merencanakan untuk melakukan isolasi mandiri di Klinik Padma bagi warga yang secara Rapid Test dinyatakan positif. Semuanya sedang dikomunikasikan,” tandas Wabup Arief.
Dijelaskan, untuk perkembangan kasus Covid -19 di Blora, hingga saat ini yang masuk kategori sebanyak 18 Orang. Sementara berdasarkan Rapid Test 13 orang. Positif Covid ada 1 orang dan meninggal dunia.
Untuk angka positif Rapid Test ada 13 kasus, dimana kebanyakan pendatang, diantaranya santri dari Temboro Magetan. Mereka akan diambil swab test di RSU Blora. ”Harapannya nanti hasil swab test negatif.”
Tetap Waspada
Harapannya, masyarakat tetap waspada. Camat, Kepala Kelurahan, Kades mendata dan memeriksa para pendatang. Sementara itu warga juga harus saling kerjasama.
”Selain itu warga juga harus memberi suport kepada warga yang diketahui PDP, harapannya supaya tenang, tidak dikucilkan. Untuk warga di Blora yang masih di rantau, supaya mematuhi anjuran pemerintah dan semoga sehat,” tambah Wabup Arief,
Kepada tenaga medis yang merupakan ujung tombak penanganan Covid -19, Wabup Arief minta agar terus menjaga semangat.
”Jangan menyerah. Baru-baru ini Bupati Blora juga sudah keliling ke Puskesmas-Puskesmas untuk memberi semangat kepada para tenaga medis itu.”
Dikemukakan, dalam waktu dekat Pemkab juga akan mengadakan pelatihan pengambilan swab test dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Yogyakarta. Diharapkan nantinya pihak Puskesmas di masing-masing Kecamatan untuk diikutsertakan.(Endah/UD)