Adipura - OPINI




Adipura dengan Masalah Kebersihan Lingkungan dan Sosial
Penulis Drs Ec Agung Budi Rustanto – Pimpinan Redaksi tabloid INFOKU – diolah dari 7 sumber berbeda)

Diawal petengahan tahun 2016,pemerintah Blora memperleh Adipura Buana oleh Pemerintah pusat.
Adipura Buana sendiri merupakan penghargaan kepada semua pemerintah daerah diseluruh indonesia agar lebih giat lagi dalam menjaga lingkungan dan kebersihan tempat tinggal.
Atau dengan kata lain Adipura diberikan kepada pemerintah daerah yang menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang  tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.
Kebersihan lingkungan tempat tinggal merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan(sintadayatri,2012:4).
Sedangkan yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah,muntaber dan lain sebagainya.Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.
Di Agama islam juga diajarkan mengenai kebersihan lingkungan mencakup kebersihan makan,kebersihan minum,kebersihan rumah,kebersihan sumber air,pekarangan dan jalan.Ini semua sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad SAW yaitu kebersihan adalah sebagian dari pada iman.
Bila sudah terbiasa menjaga kebersihan maka jika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata.Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk semakin tidak baik untuk dilihat yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai penyakit atau wabah disekitarnya.
Dalam hubungan ini umat beragama dan masyarakat sekitar mutlak diperlukan dalam menciptakan lingkungan masyarakat bersih dan sehat.Kondisi bersih sangat mendukung kenyamanan dan menarik,sebaliknya tempat yang kotor menjadikan kondisi suram dan  menjengkelkan.
Renungkanlah sebuah Hadist Rasulullah SAW yang maksudnya “Islam itu bersih maka hendaklah kamu suka membersihkan diri kamu,tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.” (HR.Dailami)
Kita lihat kilas balik sebelum Blora meraih Adipura ini, berbagai upaya dilakukan jajaran Pemkab Blora ini membenahi kotanya.
Mulai Pelebaran jalan Blora kota, masalah saluran Drainase disetiap lingkungan masyarakat , kebersihan lingkungan kota khususnya pasar Blora yang terlihat Kumuh, hingga penertiban pedagang merupakan poin menuju keberhasilannya.
Kegiatan yang dilakukan oleh Pemkab Blora itu mendapat respon yang positif dari berbagai kalangan,karena kegiatan tersebut memberikan dampak yang baik terhadap warga disekitarnya.
Namun kegiatan yang diadakan tersebut tidak serta memberikan manfaat bagi semua kalangan masyarakat yang ada ,karena kegiatan tersebut hanya dilakukan dibeberapa tempat saja dan belum menyeluruh kesemua lingkungan yang ada di Blora, karena terbentur dengan Dana APBD.
Namun penulis percaya ditahun mendapang pembagunan di Kabupaten Blora tentunya lebih banyak dan dapat menjangkau seluruh masyarakat.
Pertanyaan Penulis hanya sederhana,  Apakah kita sanggup untuk meraih atau mempertahankan predikat kota Adipura di tahun 2017 mendatang ?”
Tentu jawabannya ada pada diri kita sabagai masyarakat Blora, sanggupkah mempertahankan kebersihan lingkungannya masing-masing.###


Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru