Menteri Hina Jokowi



Jokowi Terkejut usai Dengar Rekaman Menteri Yang Menghinanya
30/06/15, 14:04 WIB
 Jokowi dan Jusuf Kalla saat sidang kabinet. (Dok JPG)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo ternyata sudah mendengarkan rekaman menteri yang menghina dirinya. Hal itu diungkapkan politikus senior PDIP Pramono Anung.

Pramono mengatakan rekaman menteri tersebut didengarkan langsung oleh Jokowi sekitar 14 menit. Jadi, bukan waktu yang singkat untuk dispekulasikan. “Ketika beliau mendengar terkejut," tuturnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/6).

Tak hanya Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla pun sudah mendengar rekaman tersebut. Pramono menyebut sejumlah pengurus PDIP yang menemukan rekaman tersebut. “Ini kan yang pertama mendengar ketum, saya, dan sekjen,” ujarnya.

“Kami gak mau komentar, biar pemerintah yang komentar. Makanya pak mendagri (Thahjo Kumolo) kan,” tutur anggota komisi I itu.

Sebagai partai pengusung pemerintah, PDIP tentu tersinggung dengan pernyataan menteri tersebut. Namun untuk kelanjutannya, dia menyerahkan kepada presiden untuk bersikap. Termasuk untuk melakukan reshuffle yang semakin berhembus kencang sejak adanya pernyataan dari Mendagri tersebut.

Presiden sudah memetakan orang-orang mana yang berhak dikeluarkan “Kewenangan itu ada pada presiden, ada beberapa pertimbangan untuk kebaikan pemerintahan kedepan,” tuturnya.

Apakah akan dibawa ke ranah hukum? Pramono mengatakan PDIP tetap akan menyerahkan ke presiden. “Tapi, kalo saya presidennya saya gecek-gecek. Itu sudah gak tau diri,” tegasnya. (Desyinta Nur'Aini/dio)