INFO BLORA - tabloid INFOKU 44



Beraneka Motif Batik Blora pada Kirab HUT Blora
INFOKU, BLORA- Para perajin batik tulis khas Blora, sejak tiga bulan terakhir kebanjiran order sehingga di beberapa rumah produksi perajin kehabisan kain batik tulis yang siap jual.
Sejumlah masyarakat yang ingin membeli langsung, harus rela menunggu sekitar satu bulan.
Pasalnya, sejumlah perajin yang ada saat ini fokus menyelesaikan pesanan dari dinas/instansi yang akan dipakai untuk hari jadi Kabupaten Blora.
"Semuanya menyelesaikan pesanan batik tulis dari dinas dan kantor sebab hari jadi nanti semua pegawai di Pemkab Blora akan memakai batik," kata Anik Pemilik rumah produksi Batik Jati Mustika art gallery , Jumat lalu.
Menurutnya semua perajin yang ada di Blora yang sudah masuk cluster batik kebagian semua pesanan, sehingga rata-rata setiap perajin harus membuat batik tulis di satu atau dua instansi.
"Kami mengerjakan lebih dari 50 potong untuk kirab hari jadi, yang harus kami kerjakan dalam waktu yang singkat, Belum lagi pesanan dari kota besar di Indonesia. Maka anda lihat sendiri betapa sibuknya kami ," jelasnya.
Karena harus batik tulis yang harus dibuat sendiri dengan tangan maka pengerjaannya membutuhkan waktu lama.
Selain itu, masing-masing dinas dan instansi juga memilih warna dan motif sendiri-sendiri tetapi tetap bercirikan Blora, sehingga untuk membuat dan mengambarkannya juga butuh waktu yang lama.(Endah/Agung)
Foto :
PADAT: Karena banyaknya order Batik untuk kirab HUT Blora, teras showroom Mustika Art Galery Blora digunakan juga untuk membatik kain karena tempat lainnya sudah padat.
Lebih lengkap Baca model Tabloid
Klik Gambar