Mahasiswa Prodi Keperawatan Poltekkes di BPBD Blora Ikuti Praktik Manajemen Siaga Bencana

 

INFOKU, BLORA - Praktik Klinik Manajemen Siaga Bencana di BPBD Kabupaten Blora diajarkan pada mahasiswa Diploma Tiga (D-3) Program Studi (Prodi) Keperawatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Semarang Kampus IV Blora.

Kepala Pelaksana BPBD Blora Slamet Widodo, mengatakan BPBD telah lama menjalin kerja sama (MoU) dengan Poltekkes Kemenkes Semarang dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Melalui praktik klinik ini atau melalui pelatihan tersebut, dimaksudkan agar para calon perawat masa depan mampu tanggap saat terjadi keadaan darurat bencana yang sewaktu-waktu dapat mengancam masyarakat,” terangnya, di Blora, Senin (25/4/2022).

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Blora Hanung Murdaka, menambahkan pelatihan tahun di BPBD dilaksanakan dua tahap yaitu kelas III-A dan III-B.

“Untuk tahap pertama yaitu kelas III-B sudah selesai dilaksanakan sekitar 50 mahasiswa. Saat ini kelas III-A sekitar 60 mahasiswa. Dari BPBD sendiri ada 13 materi atau jenis keterampilan yang diajarkan secara bertahap selama bulan April 2022,” jelas Hanung.

Baca juga ; Di Usia 57 tahun Seorang Guru dari 753 PPPK Formasi Guru Blora Resmi Dilantik

Baca juga : Dampak Mutasi Ratusan Kepala Sekolah, Bupati di Protes PGRI 

Untuk pembimbingnya, kata Hanung, adalah Kepala Seksi terkait dibantu oleh sejumlah Asisten Pembimbing.

Adapun sesuai dengan jadwal yang ditentukan, jenis keterampilan yang disampaikan kepada para mahasiswa meliputi Praktik Membuat Peta Bencana, Praktik Identifikasi EWS di Masyarakat, Praktik Melakukan Assement Bencana, Praktik Menggunakan Form RHA dan DA, Praktik Membuat Peta Pengungsian, Praktik Membuat Catatan Pelaporan Logistik, Praktik Air dan Sanitasi.

Selanjutnya, Praktik Identifikasi Field Hospital dan Field Clinic, Praktik Membuat/Identifikasi Rumah Sakit Lapangan, Praktik Membuat Alur informasi Penanganan Bencana.

Kemudian, Praktik Penanganan Jenazah Korban Bencana, Praktik Membuat Perencanaan Kebutuhan Dapur Umum, Prakti Membuat Edukasi Mitigasi Kesiapsiagaan. Sedangkan yang terakhir adalah Simulasi Siaga Bencana.

Pelaksanaan Praktik Klinik Manajemen Siaga Bencana tahap kedua dilaksanakan hingga 30 April 2022. (Setyorini/IST)


Post a Comment

0 Comments