Blora Update Terakhir Monitoring Data Covid-19

INFOKU,BLORA - Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora menyampaikan berdasarkan update terakhir monitoring data Covid-19 Kab Blora Sabtu, (13/6/2020) pukul 09.59 WIB, yaitu jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 674 terdiri proses pemantauan 123, selesai pemantauan 550 dan meninggal 1 orang.
“Orang Dalam Pemantauan (ODP) 981, proses pemantauan 35, selesai pemantauan 940 dan meninggal 6 orang,” ungkapnya dalam konferensi pers di media center posko GTPP Covid-19 Kabupaten Blora, Sabtu (13/6/2020).
Berikutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 58 orang, terdiri pengawasan 3 orang, meninggal 11 (PCR negatif-bukan Covid-19), meninggal 0 (menunggu hasil swab), meninggal 7, selesai pengawasan 37 (negatif).
Rapid Test 109, terdiri Rapid Reaktif OTG 76, ODP 31 dan PDP 2. Positif Covid-19 sebanyak 30, dirawat 22, sembuh 5 dan 3 meninggal.
“Kondisi ini masih stagnan dalam seminggu ini,” ucapnya.

Sekda mengatakan, virus korona ini belum ada obatnya sehingga perlu peran kita bersama untuk memutus mata rantai penularan virus itu dengan cara disiplin.
“Oleh karena obat yang mujarab adalah kita harus disiplin. Ini yang paling penting. Kita harus memutus rantai penularan virus Covid-19,” kata Sekda Blora.
Yaitu melalui disiplin bagi diri kita sendiri, disiplin jaga jarak, disiplin tidak berkerumun, disiplin memakai masker kalau kita keluar rumah, kemudian cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, belajar atau bekerja dari rumah serta diupayakan tidak melakukan perjalanan dinas atau bisnis ke luar daerah sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.
“Jadi ini perlu saya tekankan kembali. Saya ingatkan terus kepada bapak dan ibu semuanya, saudara-saudaraku dimanapun berada. Sehingga dengan cara begini, kita mampu untuk memutus rantai virus korona ini,” jelasnya.
Demikian juga kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk disiplin melaksanakan tugas di kantor. Jaga jarak antara satu dan yang lainnya, tempat duduk dan sebagainya, saat olahraga, rapat dan sebagainya.
“Semuanya harus memakai masker,” tegasnya.
Sekda mengucapkan terimakasih kepada petugas medis yang telah banyak berbuat, berperan dalam pelayanan kesehatan, sehingga Covid-19 mudah-mudahan terus ada penurunan.
“Karena dari 22 orang yang dirawat hanya dua kluster. Mudah-mudahan tidak ada lagi penambahan kluster baru,” harapnya.
Kepada meraka yang dirawat, Sekda mendoakan, semoga segara sembuh, sehat dan bisa pulang ke rumah serta bisa berkumpul dengan keluarga.
Dirinya juga mengucapkan terimakasih Kapolres, Dandim, Kajari dan seluruh Forkopimda yang telah menggerakkan semua anggotanya untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan guna mencegah persebaran Covid-19 seperti memakai masker dan sebagainya.
Ucapan terimaksih juga disampaikan kepada para donatur yang telah banyak membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 baik bantuan yang disalurkan melalui GTPP Covid-19 maupun disalurkan secara langsung. (Endah/KOM)