INFO Blora



Blora Kirim 400 Ekor Sapi Tiap Lima Hari
INFOKU, BLORA – Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora mengklaim setiap lima hari sekali mampu mengirim sapi di Jakarta dan kota besar lainnya sebanyak 400 ekor.
Dengan jumlah itu menunjukkan kalau potensi sapi di Blora cukup besar dan memiliki prospek cerah sebagai pamasok daging sapi di Jawa Tengah.
’’Saat ini memang setiap lima hari sekali atau pas hari pasaran sekitar 400 ekor sapi dikirim di luar Blora termasuk Jakarta,’’ ujar Kepala Dintanbunakikan Blora Reni Miharti.

Selama ini transaksi sapi lebih banyak dilakukan di pasar hewan Ponan Market Blora yang ada setiap pasaran Pon.
Saat hari pasaran jumlah sapi cukup besar bisa mencapai 800 ekor dari berbagai jenis mulai dari sapi lokal, limousin, peranakan ongale. Reni mengakui kalau sapi di Blora lebih banyak di pelihara sendiri oleh warga.
Sedangkan yang di kelola sistem peternakan masih jarang. Di Blora, sapi menjadi rajakaya bagi masyarakat khususnya di desa. Hampir semua petani memiliki sapi minimal satu ekor.
’’Masih banyak dipelihara tradisional belum banyak mengarah yang ke orientasi bisnis dan industri,’’terangnya.
Saat ini potensi tersebut akan di kelola dengan baik, dengan menata manajeman dan kelembagaan sehingga sapi siap potong. Seperti yang dilakukan oleh Kelompok Tani Sumber Barokah, dimana memiliki manajemen pengemukan sapi yang cukup baik.
Hal itu untuk menyonsong adanya keinginan dari Pempov DKI Jakarta agar Sapi Blora bisa menjadi pemasok kebutuhan sapi potong di Ibu kota. 
’’Saat survei tim dari Jakarta mengatakan kalau masih kurang dalam hal manjemen dan pengelolaan, namun secara umum potensi cukup besar,’’ terang Reni Miharti. (Vina/SGK)

Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru